Home > Ragam Berita > Nasional > MUI: Pancasila Adalah Wujud Nyata Peran Agama Dalam Kehidupan Bangsa

MUI: Pancasila Adalah Wujud Nyata Peran Agama Dalam Kehidupan Bangsa

Jakarta – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin mengimbau agar semua pihak tidak mempertentangkan antara agama dan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia.

MUI: Pancasila Adalah Wujud Nyata Peran Agama Dalam Kehidupan Bangsa

Ketua MUI Ma’aruf Amin

Kiai Ma’ruf menilai, Pancasila merupakan solusi kebangsaan (hulul wathaniyah) yang menjadi titik kesepakatan dan kompromi dalam berbangsa dan bernegara. Bahkan, roh agama menjadi kekuatan besar yang mengilhami kelahiran Pancasila itu sendiri.

“Pancasila justru wujud nyata peran agama dalam kehidupan bangsa Indonesia,” kata Ma’ruf Amin yang juga menjabat sebagai Rais Aam PBNU itu.

Namun, ia mengingatkan perlu kembali penguatan pemahaman dan pengalaman Pancasila, mengingat belakangan ini muncul gerakan radikal kanan yang hendak mengganti ideologi negara.

“Kelompok ini tak memiliki komitmen kebangsaan dan kenegaraan serta tak menghormati kesepakatan,” katanya.

Dia mencontohkan, kelompok pengusung sistem khilafah yang bukan termasuk kesepakatan ulama (mujma’ alaih). Sistem yang ternyata tidak dipraktikkan di negara kelahirannya, Lebanon. Di Timur Tengah pun sistem ini lanjutnya, tidak populis. Arab Saudi menerapkan sistem kerajaan, begitu juga Yordania dan ada pula yang memberlakukan sistem republik.

“Kita punya konsensus nasional dan jika mau mengubahnya itu berarti pengkhianatan kesepakatan,” kata Kiai Ma’ruf.

Baca juga: Artalyta Suryani Dimintai Keterangan KPK Terkait Korupsi BLBI

Pada sisi lain, sambung dia, muncul ideologi liberal yang hendak melegitimasi agama dan menafsirkan Pancasila secara sekularistik.

Dia pun mengajak segenap elemen bangsa menjaga Pancasila dari rongrongan kelompok kanan atau pun kiri. Ormas Islam yang tak berkomitmen terhadap Pancasila tidak berada dalam barisan MUI. Pihaknya juga menolak pelengseran pemerintahan yang sah dengan cara inkonstitusional. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Nek Mimi Mengaku Hanya Diminta Anies Untuk Sabar

Nek Mimi Mengaku Hanya Diminta Anies Untuk Sabar

Jakarta – Untuk para penghuni Rusun Daan Mogot, pasti tak asing dengan nama Nek Mimi. ...