Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Depresi Bisa Memperparah Diabetes

Depresi Bisa Memperparah Diabetes

Jakarta – Pasien diabetes rentan terhadap stres, yang apabila tidak diatasi bisa berlanjut menjadi depresi. Bila depresi menyerang, penderita diabetes akan kehilangan motivasi mempertahankan kadar gula darah.

Depresi Bisa Memperparah Diabetes

Depresi

“Secara psikologis, hidup dengan penyakit diabetes akan bergelut dengan cara mengatasinya, mengelola, mencegah. Sehingga ini dapat menimbulkan perasaan menyedihkan dan mungkin membuat penyandang diabetes mengalami depresi berat,” ungkap psikolog klinis dari Crozer Keystone Health System di Springfield, Pennsylvania, Barry J Jacobs seperti dilansir dari metrotvnews.com, Jumat (14/7/2017).

Pernyataan Jacobs diperkuat hasil penelitian dari International Journal of Endocrinology pada September 2015. Penemuan tersebut mengungkapkan bahwa stres kronis dapat menyebabkan resistensi insulin yang berujung pada munculnya diabetes tipe 2.

Seorang tenaga pengajar diabetes bersertifikat dari Good Samatarian Medical Center di West Islip, New York Susan Ardilio, berpendapat jika stres kronik merupakan penyakit siklik. Sebagai contoh, perasaan tidak nyaman ketika tak bisa memakan apa yang teman Anda santap. Itu dapat menimbulkan isolasi sosial, yang membuat Anda merasa tidak baik.

“Dan bila itu terjadi, Anda mungkin akan makan terlalu banyak atau menikmati makanan yang tidak sehat. Perilaku itu dapat memperburuk diabetes Anda dan menyebabkan depresi,” ucap Adellio.

Baca juga: Apakah Jus Kemasan Setara dengan Jus Asli ?

Apabila mengalami depresi, Anda mungkin tidak akan memiliki motivasi untuk mempertahankan kontrol kadar gula darah, atau menjadi malas berolahraga secara teratur. Hal ini tentu tidak baik. Sebab, menurut penelitian dari Medical Hypotheses yang dilakukan pada April 2015, depresi erat kaitannya dengan penyakit kardiovaskuler pada pasien diabetes. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

6 Perubahan Paling Jelas dari Wanita Setelah Melahirkan

6 Perubahan Paling Jelas dari Wanita Setelah Melahirkan

Jakarta – Bagi sebagian besar wanita, masa kehamilan merupakan saat yang tak dapat dilupakan. Bentuk ...