Home > Ragam Berita > Nasional > Kuasa Hukum Hary Tanoe Optimistis Bakal Menangkan Praperadilan

Kuasa Hukum Hary Tanoe Optimistis Bakal Menangkan Praperadilan

Jakarta – Ketua Tim Kuasa Hukum Hary Tanoesoedibjo (Hary Tanoe), Munathsir Mustaman mengatakan, pihaknya optimistis akan memenangi praperadilan melawan Bareskrim Mabes Polri. Pasalnya, berdasarkan keterangan ahli tadi, proses penetapan tersangka kliennya disebut menabrak sejumlah aturan perundangan.

Kuasa Hukum Hary Tanoe Optimistis Bakal Menangkan Praperadilan

Hary Tanoe

“Dari keterangan ahli saya kira kami cukup optimis menghadapi praperadilan ini.‎ Tadi ahli pidana sangat gamblang menjelaskan sesuai dengan putusan MK Nomor 130, sangat jelas disebutkan tentang tenggang waktu penyampaian SPDP,” terang Munathsir usai sidang di PN Jaksel.

Hary Tanoe sendiri baru menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) pasca 47 hari ‎sejak dilakukannya penyidikan. Hal itu kemudian dianggap melanggar putusan MK dan bertentangan dengan Pasal 109 KUHAP, sehingga penetapan tersangka dengan sendirinya dianggap tidak sah.

‎”Kalau melewati tenggang waktu, proses penetapan tersangka (berarti) bermaslaah,” ucap Munathsir.

Selain itu, berdasarkan keterangan ahli pidana juga disebutkan bahwa seharusnya yang berwenang menangani perkara ini adalah Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Munathsir menambahkan, ahli pidana juga menyatakan bahwa Pasal 29 UU ITE yang dikenakan kepada Hary Tanoe tidak tepat. Sebab, pasal tersebut tidak berdiri sendiri dan harus berpasangan dengan norma hukum yang ada di dalam KUHP.

“Tapi kenyataannya dalam sprindik (Polri) tidak ada. Jadi hanya di-juncto-kan (dipasangkan) ke Pasal 43. Kalau nggak di-juncto-kan ke KUHP rasanya tuduhannya nggak jelas, sehingga menurut ahli ya itu bisa dibatalkan penetapannya,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Berharap Rute Alternatif Transjakarta Sukses Urai Kemacetan

Sandiaga Berharap Rute Alternatif Transjakarta Sukses Urai Kemacetan

Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai hari ini melaksanakan pembukaan rute baru untuk mengurangi ...