Home > Ragam Berita > Nasional > Fadli Zon : Gerindara dan Demokrat Mungkin Besar Lakukan Koalisi

Fadli Zon : Gerindara dan Demokrat Mungkin Besar Lakukan Koalisi

Jakarta – Belum lama ini, Partai Gerindra dan Demokrat dikabarkan bakal melakukan koalisi. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon pun membenarkan adanya kabar tersebut. Namun, koalisi tersebut menanti putusan Mahkamah Konstitusi terkait ambang batas parlemen 20-25 persen.

Fadli Zon : Gerindara dan Demokrat Mungkin Besar Lakukan Koalisi

“Apakah mengabulkan atau menolak. Kalau misalnya MK menggunakan nalar dengan nol persen sesuai keputusan MK sebelumnya karena keserentakan, itu berarti setiap parpol bisa mengusung calon,” kata Fadli pada Selasa (1/8/2017).

Menurut dia, merupakan hal bagus ketika masing-masing partai bisa mencalonkan presidennya. Ia meyakini hal itu tak akan berkaitan dengan kuat atau tidaknya eksekutif nanti, ketika berhadapan dengan parlemen.

“Koalisi juga bisa terbentuk dalam kabinet atau lainnya, walaupun kita bukan parlementer. Tetapi, kalau MK menentukan 20 persen, ya berarti kita tahu MK ini sudah masuk kepentingan politik,” kata Fadli.

Baca juga: Dua Pendukung Paslon Pilkada Papua Terlibat Keributan

Kalau pun MK memutuskan 20 persen tetap konstitusional sebagai ambang batas presiden, ia menjelaskan, maka kursi Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Amanat Nasional maupun Partai Demokrat dianggap cukup untuk mengusung capres.

“Apalagi, kalau berempat lebih kuat lagi. Apa bertiga, atau lebih banyak dari itu kita enggak tahu,” kata Fadli. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Menpora Berikan Penjelasan Terkait Pendanaan kepada Muhammad Zohri

Menpora Berikan Penjelasan Terkait Pendanaan kepada Muhammad Zohri

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memberi penjelasan mengenai pendanaan untuk latihan pelari ...