Home > Ragam Berita > Nasional > Pemuda Muhammadiyah Usul Buat Tim Pencari Fakta Dalam Kasus Novel Baswedan

Pemuda Muhammadiyah Usul Buat Tim Pencari Fakta Dalam Kasus Novel Baswedan

Jakarta – Tim gabungan investigasi Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah diusulkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Tujuannya agar kasus Novel Baswedan segera rampung.

Pemuda Muhammadiyah Usul Buat Tim Pencari Fakta Dalam Kasus Novel Baswedan

Namun, berbeda dilakukan PP Pemuda Muhammadiyah. Mereka meminta pembentukan tim gabungan pencari fakta (TGPF). Tim tersebut pun berisikan sipil yang independen.

Menurut Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, pihaknya memberikan dukungan pada TGPF yang berisi masyarakat sipil independen dan kredibel. Hal tersebut pun diungkapkan bukan tanpa alasan.

Karena ada kejanggal kasus ini apalagi diduga ada pihak internal yang ikut terlibat di dalamnya, banyak kasus yang apabila internal kepolisian terlibat tidak tuntas. Maka perlu ada dari pihak luar yang independen dan kridibel untuk melakukan pendampingan mengawasi kasus ini dan tokoh-tokoh independen lah yang terlibat,” kata Dahnil pada Jumat (4/8/2017).

Danhil menjelaskan bahwa adanya tim TGPF itu bukan karena masyarakat dan Novel tidak percaya dengan pihak kepolisian, tapi itu lebih kepada sebuah simbol publik ingin segera menyelesaikan kasus ini.

“Lalu jangan berpikir bahwa masyarakat dan Pak Novel (Baswedan) meminta terbentuknya TGPF ini bukan karena tidak percaya kepada pihak kepolisian, tapi itu harusnya dimaknai sebagai simbol bahwa publik ingin membantu kepolisian supaya kualitas kerja penyidikan polisi bisa lebih objektif dan akselaratif,” papar Dahnil. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

PA 212 Menyebut Kapitra Sudah Bukan Lagi Penasehat Hukum Habib Rizieq

PA 212 Menyebut Kapitra Sudah Bukan Lagi Penasehat Hukum Habib Rizieq

Jakarta – Kali ini penegasan diungkapkan oleh pihak PA 212 dimana mereka mengatakan bahwa Kapitra ...