Home > Ragam Berita > Internasional > Konvoi NATO Diserang Bom Bunuh Diri di Afghanistan, Seorang Tentara Tewas

Konvoi NATO Diserang Bom Bunuh Diri di Afghanistan, Seorang Tentara Tewas

Washington – Iring-iringan tentara NATO di di Provinsi Kabul, Afghanistan, diserang bom bunuh diri. Akibatnya, seorang tentara NATO tewas dan enam lainnya luka-luka. Mereka pun telah dilarikan ke rumah sakit militer AS, di Bagram Airfield.

Konvoi NATO Diserang Bom Bunuh Diri di Afghanistan, Seorang Tentara Tewas

Berdasar informasi, serangan tersebut terjadi di Distrik Qarabagh pada Kamis (3/8/2017) waktu Kabul. Seorang pejabat As menjelaskan, korban meninggal bukan berasal dari tentara AS. Meski demikian, pihaknya tidak memberikan informasi lebih lanjut.

Sementara itu, serangan bom bunuh diri lainnya di Afghanistan pada Rabu 2 Agustus, menewaskan dua anggota pasukan AS. Kala itu mereka melakukan perjalanan dengan sebuah iring-iringan di dekat bandara kota Kandahar, kata pihak militer AS.

Bandara di Kandahar adalah rumah bagi sebuah pangkalan militer utama untuk pasukan internasional yang membantu pasukan keamanan Afghanistan.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut pada pernyataan yang ditulis secara berjaringan oleh juru bicara Zabihullah Mujahid. Dia mengatakan bahwa ledakan tersebut menghancurkan dua kendaraan dan menewaskan 15 tentara asing, termasuk dua “perwira tinggi”.

Sebagaimana diberitakan AFP pada Jumat (4/8/2017), serangan tersebut menjadi peringatan akan adanya bahaya yang mengancam 8.400 anggota pasukan AS di Afghanistan. Presiden AS Donald Trump pun mempertimbangkan untuk mengirim ribuan tentara lagi ke perang terpanjang yang melibatkan AS itu.

Koalisi pasukan internasional tersebut menempatkan hampir 13 ribu tentara dari 39 negara sebagai bagian dari misi untuk melatih, memberi saran dan membantu tentara Afghanistan. Komandan militer AS di Afghanistan telah meminta pengiriman beberapa ribu pasukan tambahan, namun permintaan tersebut terhenti di Washington. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pabrik Kimia di Cina Meledak, Belasakan Orang Meninggal

Pabrik Kimia di Cina Meledak, Belasakan Orang Meninggal

Sichuan – Sebuah pabrik kimia di Cina dihantam ledakan mengakibatkan 19 orang tewas dan melukai ...