Home > Unik > Membuat Program Robot Mungil, Ilmuwan Belajar Dulu Dari Semut

Membuat Program Robot Mungil, Ilmuwan Belajar Dulu Dari Semut

Jakarta – Semut adalah serangga yang cerdik dan terkenal dengan etos gotong royong. Hal ini rupanya menarik perhatian para ilmuwan untuk mempelajari salah satu spesies semut api yang paling kohesif di alam.

Membuat Program Robot Mungil, Ilmuwan Belajar Dulu Dari Semut

Ketika serangga bekerja sama, kekuatan mereka perlu diperhitungkan. Makhluk-makhluk kecil itu mampu menggunakan tubuh mereka untuk menciptakan struktur menjulang dengan tinggi lebih dari 30 tumpukan semut.

Peneliti di Georgia Institute of Technology telah bekerja bertahun-tahun untuk menganalisis bagaimana semut secara sosial dan fisik membentuk gumpalan yang rumit tanpa adanya pemimpin dan perencanaan sebelumnya.

Ternyata usaha untuk membuat menara ini tidaklah mudah. Menurut penelitian, seekor semut mampu menopang tiga semut lainnya, yang terhubung dengan bantalan lengket di kakinya.

Jika semut di bawah telah menanggung beban yang lebih berat dari yang seharusnya, semut-semut di atas akan berjatuhan layaknya hujan deras.

“Sebaliknya, semut-semut itu beredar seperti air mancur,” ungkap salah satu penulis penelitian tersebut.

Peneliti berharap supaya robot kecil dapat diprogram untuk membentuk rakit dan jembatan mereka sendiri. “Bayangkan jika robot dapat membangun penghalang atau menambal lubang saat terjadi tanggap bencana,” tutur salah satu penulis penelitian tahun 2014 kepada Nature.

Baca juga : Dianggap Menganggu, 3 Jenis Serangga Ini Justru Memberikan Manfaat Untuk Lingkungan Rumah

Meskipun tidak diketahui secara khusus bahwa semut merupakan makhluk yang cerdas, tetapi mereka mahir bekerja secara kolektif. Begitulah yang dapat dipelajari dari pola kehidupan semut. (Icha – harianindo.com)

x

Check Also

Mengapa Kucing Kaget Saat Melihat Mentimun ? Simak Penjelasan Pakar

Mengapa Kucing Kaget Saat Melihat Mentimun? Simak Penjelasan Pakar

Jakarta – Kebanyakan dari kita pasti penasaran mengenai kucing yang ternyata takut mentimun. Penasaran kan ...