Home > Ragam Berita > Nasional > Mendagri : Pemerintah Sepakat Bakal Bantu Pengelolaan Keraton Solo

Mendagri : Pemerintah Sepakat Bakal Bantu Pengelolaan Keraton Solo

Solo – Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mencapai kesepakatan terkait pengelolaan Keraton Solo.

Mendagri : Pemerintah Sepakat Bakal Bantu Pengelolaan Keraton Solo

Kementerian Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

“Setelah melalui proses yang panjang dengan melibatkan Dirjen Pariwisata, Menpan, Dirjen kebudayaan, Wali Kota dan saya, tepat sore tadi ada kesimpulan yang sama terkait pengelolaan keraton,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Solo pada Kamis (24/8/2017).

Menurut dia, gagasan pemerintah terkait hal itu semata-mata karena mengikuti peraturan perundangan. Dalam hal ini, dikatakannya, pemerintah hanya memfasilitasi dan hadir terkait pengelolaan keraton.

“Terkait urusan adat mana yang boleh dan mana yang tidak mandatnya tetap dari sinuwun. Mengenai hal ini tanggal 7 September teken. Untuk memastikan aset keraton ini mana yang boleh dipugar, mana yang bisa jadi objek wisata,” katanya.

Baca juga: Sumba Barat Daya Diguncang Gempa Berkekuatan 4.4 SR

Sedangkan mengenai pembentukan UPT Keraton, dikatakannya, merupakan kewenangan pemerintah karena terkait dengan keuangan negara. Meski demikian tetap akan melibatkan kerabat keraton untuk ikut mengontrol.

“Pada prinsipnya Presiden menginginkan bahwa Solo boleh modern, boleh dibangun 1.000 mal 1.000 hotel. Tetapi keraton jangan terpuruk, jati diri, identitas, kebesaran keraton harus terjaga dengan baik,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Alami Kecelakaan di Madinah, Pilot Lion Air Meninggal Dunia

Alami Kecelakaan di Madinah, Pilot Lion Air Meninggal Dunia

Madinah – Pada Sabtu (21/7/2018), Salah seorang pilot maskapai Lion Air, Captain Bambang Sugiri dikabarkan ...