Home > Ragam Berita > Nasional > Tak Hanya Saracen, Polisi Akan Kejar Kelompok Penyebar Kebencian Lainnya

Tak Hanya Saracen, Polisi Akan Kejar Kelompok Penyebar Kebencian Lainnya

Jakarta – Baru-baru ini polisi telah berhasil menguak sindikat kelompok jasa Saracen. Tak hanya itu, polisi juga berhasil mengamankan tiga orang pelaku, yaitu JAS, MFT dan SRN. Ketiganya kini dijerat dengan Pasal 45A ayat 2 jo Pasal 28 ayat 22 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU ITE dengan ancaman 6 tahun penjara dan/atau Pasal 45 ayat 3 jo Pasal 27 ayat 3 UU ITE dengan ancaman 4 tahun penjara.

Tak Hanya Saracen, Polisi Akan Kejar Kelompok Penyebar Kebencian Lainnya

Para tersangka Saracen

Pasca kejadian ini, Breskrim Polri akan kembali memburu kelompok lainnya yang kerap menyebar ujaran kebencian atau Hate Speech dan bermuatan SARA di media sosial (medsos). Kabag Mitra Divisi Humas Polri, Kombes Awi Setiyono mengungkapkan bahwa pihaknya masih mencari kelompok lain yang bekerja seperti jariangan Saracen dalam menyebarkan ujaran kebencian melalui medsos.

“Kita akan ungkap dan tangkap kelompok lain seperti Saracn. Kita akan terus monitor,” kata Awi, Jumat (25/08/2017).

Untuk menangkap pelaku yang lainnya, Tim Siber Polri akan memantau akun-akun medsos yang sering menyebarkan ujaran kebencian dan isu SARA. Hal itu dikarenakan ada kelompok yang sengaja mengutungkan ekonominya degan cara menyebarkan isu SARA dan membuat kegaduhan masyarakat.

Baca juga : Istana Dukung Penuh Upaya Polisi Bongkar Sindikat Saracen

“Tidak bisa kita pungkiri dunia maya sangat luas. Sehingga menjadi media untuk menyampaikan ekspresi. Tapi banyak pihhak yang menyalahgunakan Medsos untuk menyebarkan isu berbau SARA yang dapat menyebabkan perpecahan dan mengadu domba,” ujarnya.

Awi juga berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan postingan yang berbau SARA dan ujaran kebencian.

“Yang jelas masyarakat waspada, jangan termakan isu yang memprovokatif agama lain, jangan terpancing karena memang ada oknum yang sengaja membuat Indonesia tidak damai, mengadu domba, dan senang melihat kegaduhan,” jelasnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Bakal Caikan Dana ke Setiap Kelurahan

Jokowi Bakal Caikan Dana ke Setiap Kelurahan

Bandung – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengucurkan dana bagi kelurahan-kelurahan pada Tahun Anggaran ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135