Home > Ragam Berita > Nasional > BPJS Kesehatan Berikan Penjelasan Terkait dengan Kasus Bayi Debora

BPJS Kesehatan Berikan Penjelasan Terkait dengan Kasus Bayi Debora

Jakarta – Bayi Debora yang oleh orangtuanya diikutsertakan sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), meninggal di RS Mitra Keluarga Kalideres akibat penanganan yang lambat.

BPJS Kesehatan Berikan Penjelasan Terkait dengan Kasus Bayi Debora

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jakarta Barat Eddy Sulistijanto menjelaskan bahwa prosedur pelayanan kesehatan pada saat keadaan darurat ditanggung oleh BPJS.

Jadi mau dia belum terdaftar sekalipun, untuk keadaan darurat semua biaya itu ditanggung oleh BPJS, ujar Eddy di kantor Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta pada Senin (11/9/2017).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Koesmedi Priharto juga menyampaikan hal yang serupa. Prosedur penanganan pasien dalam keadaan darurat itu jelas, semua ditanggung oleh BPJS, ujar dia.

Koesmedi menduga pihak RS Mitra Keluarga Kalideres beranggapan biaya perawatan di ruang ke ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU) tidak ditanggung BPJS.

Hal tersebut, menurut dia, terjadi karena prosedur penanganan gawat darurat itu belum tersosialisasikan dengan baik sehingga RS Mitra Keluarga tidak mengetahui hal tersebut.

Baca juga: Terkait Kasus Bayi Debora, KPAI Nilai Perlu Ada Perbaikan Faskes

Eddy Sulistijanto mengatakan bahwa penanganan gawat darurat yang membutuhkan pelayanan ruang khusus atau PICU juga termasuk dalam tanggungan BPJS.

Direktur RS Mitra Keluarga Fransisca Dewi menjelaskan bahwa lembaganya memiliki 12 cabang di Indonesia, namun dia mengaku baru satu cabang yang bekerja sama dengan BPJS.

Fransisca menjelaskan, RS Mitra Keluarga Kalideres rencananya akan bekerja sama dengan BPJS pada bulan September 2017 ini. Namun sampai saat ini masih dalam proses karena terkendala sesuatu hal. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Mengaku Lakukan Dialog Sebelum Gusur Rumah Warga di Bibir Kali

Anies Mengaku Lakukan Dialog Sebelum Gusur Rumah Warga di Bibir Kali

Jakarta – Anies Baswedan beberapa hari lalu sudah melihat langsung kondisi permukiman warga di Jatipadang. ...