Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Sudah Kantongi Bukti untuk Seret Setnov sebagai Tersangka

KPK Sudah Kantongi Bukti untuk Seret Setnov sebagai Tersangka

Jakarta – Kemenangan Setya Novanto dalam sidang praperadilan penetapan tersangka dalam kasus korupsi e-KTP, akan membuat penyidikan KPK terhambat. Namun KPK yakin telah memiliki bukti-bukti untuk menetapkan Ketua DPR RI ini kembali menjadi tersangka.

KPK Sudah Kantongi Bukti untuk Seret Setnov sebagai Tersangka

Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan, pihaknya akan terus menangani kasus ini walau penyidikan kasus korupsi e-KTP menjadi terhambat sebagai dampak dari putusan praperadilan yang diketuk hakim Cepi Iskandar pada Jumat (29/9/2017).

Sebagaimana diketahui, hakim tunggal ini mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan Setya Novanto atas penetapannya sebagai tersangka korupsi e-KTP. Dengan putusan ini, maka status tersangka politikus Golkar ini dinyatakan tidak sah.

“KPK akan terus menangani proses indikasi kasus korupsi e-KTP ini karena kami meyakini betul bukti yang kami miliki,” ujar Febri Diansyah akhir pekan lalu.

Dalam sidang praperadilan yang diajukan Setya Novanto, terungkap KPK memang memiliki sejumlah bukti yang menerangkan peran Ketua DPR RI ini dalam aliran dugaan korupsi e-KTP.

Salah satunya ialah pembelian Multicom Investments Pte Ltd di Singapura yang diduga hanya menjadi perusahaan cangkang. Selain itu, PT Murakabi Sejahtera, leader konsorsium Murakabi yang ikut lelang proyek e-KTP, ternyata sahamnya pernah dimiliki oleh istri, anak, dan keponakan Setya Novanto.

Dukungan untuk membongkar skandal korupsi datang dari lembaga aktivis antikorupsi ICW. ICW mendesak agar KPK segera menetapkan kembali Setnov sebagai tersangka sekaligus penahanan. “KPK harus kembali menetapkan Setnov sebagai tersangka dengan menerbitkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) baru. KPK harus bergerak lebih cepat dengan melakukan penahanan dan pelimpahan perkara ke persidangan ketika sudah ada bukti-bukti yang cukup,” kata peneliti ICW Lalola Easter. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ketua RW Ini Merasa Aneh Sandiaga Pidato Sambil Teriakkan Takbir Berulang Kali

Ketua RW Ini Merasa Aneh Sandiaga Pidato Sambil Teriakkan Takbir Berulang Kali

Jakarta – Pertemuan antara para pengurus RT/RW, LMK, FKDM dan Dewan Kota se-Jakarta Barat dengan ...