Home > Ragam Berita > Nasional > Badan Geologi Nilai Gunung Agung Tunjukkan Tanda Bakal Meletus

Badan Geologi Nilai Gunung Agung Tunjukkan Tanda Bakal Meletus

Denpasar – Plt Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM Rida Mulyana tetap mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tidak mendekat ke kawasan Gunung Agung, Bali. Karena, sampai saat ini status Gunung Agung masih berbahaya dan berpotensi terjadi letusan.

Badan Geologi Nilai Gunung Agung Tunjukkan Tanda Bakal Meletus

Menurut Rida, aktivitas vulkanik Gunung Agung masih cukup tinggi. Dalam sehari pihaknya mencatat terjadi 800 gempa bumi di sekitaran wilayah Gunung Agung. Kondisi itu, menunjukan pergerakan magma semakin dekat ke permukaan.

“Jumlah gempa di sana sangat tinggi. Sehari rata-rata 800 kali,” ujar Rida saat ditemui di Kantor Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (11/10/2017).

Selain itu, kata dia, kondisi gunung sekarang terlihat mengembung. Hal itu disebabkan adanya tekanan magma dari dalam. “Gunung itu gembung, jadi gemuk karena ada dorongan magma di bawah. Itu tanda akan meletus. Tapi kapannya (meletus) kita tidak tahu,” kata Rida.

Baca juga: Jaksa Agung Tegaskan Tuntutan kepada Buni Yani untuk Keseimbangan

Melihat perkembangan yang ada, Rida menyarankan masyarakat untuk tidak mendekat ke kawasan Gunung Agung. Selain itu masyarakat yang berada di zona sembilan kilometer dan 12 kilo meter dari Gunung Agung tetap harus diungsikan.

“Psikologi masyarakat menganggap boong-boongan. Tapi kami melihat data. Gunung itu gembung itu tanda akan meletus. Pokoknya kita harus siap-siap yang terburuk kita harapkan yang terbaik,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Uno Tegaskan Ada Beberapa Restoran yang Belum Bayar Pajak

Rekan Bisnis Telah Ditetapkan Menjadi Tersangka, Sandiaga Uno Masih Berstatus Saksi

Jakarta – Penyidik Polda Metro Jaya telah menetapkan rekan bisnis Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga ...