Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Menilai Jokowi Belum Punya Pesaing Berat di 2019

Pengamat Menilai Jokowi Belum Punya Pesaing Berat di 2019

Jakarta – Dinilai belum ada pesaing yang memiliki elektabilitas yang cukup baik, maka bisa jadi Presiden Joko Widodo diperkirakan tak punya saingan berat di Pilpres 2019 mendatang.

Pengamat Menilai Jokowi Belum Punya Pesaing Berat di 2019

Ujang Komarudin selaku pengamat politik memaparkan penilaiannya bahwa “Saya kira Jokowi bakal mulus melaju di Pilpres 2019 mendatang. Hampir tak ada tokoh lagi yang mengemuka bakal menjadi pesaing berat,”

Memang sebelum ini ada kabaran mengenai Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang namanya naik sebagai pesaing. Namun namanya memudar usai muncul peristiwa dicekalnya masuk ke Amerika Serikat.

“Apalagi kalau misalnya Gatot menjadi calon wakil Jokowi, maka ‎praktis elektabilitas Jokowi bakal meningkat. Sebelumnya nama Gatot mengemuka karena dipersepsikan dekat dengan umat Islam. Nah sekarang Jokowi juga demikian, lewat kegiatan safarinya berkeliling ke pesantren dan mengunjungi ulama-ulama,” ucapnya.

Disisi lain dirinya juga menambahkan nama Yusril Ihza yang namanya juga memudar lantaran dirinya malah fokus pada urusan partainya. “Tapi belakangan Yusril malah disibukkan dengan urusan partainya yang terancam tak lolos menjadi peserta Pemilu 2019,” katanya.

‎Lantaran dua contoh yang ia beberkan memiliki perkembangan nasib yang sama, kali ini ia berkata “Tapi belakangan nama Prabowo elektabilitasnya tak cukup baik. Terlihat dari hasil survei SMRC untuk pemilih di Jawa Barat, yang pada Pemilu 2014 lalu Prabowo unggul, justru sudah berbalik. Kini nama Jokowi yang diunggulkan,”

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Tegaskan Sikap Tidak Kooperatif Setnov Bisa Berbuntut Panjang

KPK Tegaskan Sikap Tidak Kooperatif Setnov Bisa Berbuntut Panjang

Jakarta – Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan, sikap tidak kooperatif atau menghalangi proses persidangan ...