Home > Ragam Berita > Nasional > Setya Novanto Kembali Mangkir dari Pemeriksaan KPK

Setya Novanto Kembali Mangkir dari Pemeriksaan KPK

Jakarta – Ketua DPR, Setya Novanto, tidak memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi KTP elektronik, Rabu (15/11/2017).

Setya Novanto Kembali Mangkir dari Pemeriksaan KPK

“Pagi ini surat dari pengacara Setya Novanto kami terima di bagian persuratan KPK. Yang bersangkutan tidak dapat hadir hari ini,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Jakarta, Rabu.

Pemanggilan itu merupakan yang pertama pasca Novanto ditetapkan kembali menjadi tersangka dugaan korupsi kasus KTP elektronik, Jumat lalu (10/11/2017).

Sebelumnya, Novanto juga tidak memenuhi panggilan KPK sebanyak tiga kali diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadara Solution, Anang Sugiana Sudihardjo, dalam kasus yang sama.

Pada pemanggilan pertama Senin (30/10), Novanto juga tidak memenuhi panggilan KPK sebagai karena ada kegiatan lain di daerah pada masa reses DPR RI.

Sementara pada pemanggilan kedua dan ketiga pada Senin (6/11) dan Senin (13/11), Novanto menyatakan pemanggilan dia itu harus ada izin tertulis dari presiden.

Baca juga: Sandiaga Uno Tegaskan Angka Kemiskinan di DKI Tidak Pernah Alami penurunan

Selain itu, Novanto juga menyatakan setiap anggota DPR mempunyai hak mengajukan pertanyaan, menyampaikan usul dan serta hak imunitas serta menunggu putusan uji materi di MK soal Pasal 46 ayat (1) dan (2) serta Pasal 12 UU Nomor 30/2002 tentang KPK.

“Dalam proses hukum, acuan yg digunakan adalah KUHAP, UU Tipikor dan UU KPK. Jadi sekalipun ada bagian dari UU tersebut yang diuji di MK, hal tersebut tidak akan menghentikan proses hukum yang berjalan,” kata Diansyah. (Tita Yanauntari – harianindo.com)

x

Check Also

Nek Mimi Mengaku Hanya Diminta Anies Untuk Sabar

Nek Mimi Mengaku Hanya Diminta Anies Untuk Sabar

Jakarta – Untuk para penghuni Rusun Daan Mogot, pasti tak asing dengan nama Nek Mimi. ...