Home > Ragam Berita > Internasional > Emmerson Mnangagwa Diduga sebagai Otak Dalam Kudeta Zimbabwe

Emmerson Mnangagwa Diduga sebagai Otak Dalam Kudeta Zimbabwe

Jakarta – Wakil presiden Zimbabwe, Emmerson Mnangagwa, 75 tahun, disebut-sebut sebagai dalang kudeta militer untuk menjatuhkan Robert Mugabe dari kursi kekuasannya selama 37 tahun.

Emmerson Mnangagwa Diduga sebagai Otak Dalam Kudeta Zimbabwe

Mugabe memecat wakilnya itu pekan lalu setelah mencium ada rencana menjatuhkan pemerintahannya atau kudeta. Kementerian Informasi Zimbabwe, menuding Mnangagwa sebagai sosok yang tidak setia, tak terhormat, penipu, dan tidak dapat diandalkan.

Mnangagwa diduga berusaha membangun koalisi dengan Grace Mugabe, Ibu Negara Zimbabwe, dalam pemilihan presiden tahun depan, 2018.

Grace, istri Mugabe, maju dalam pencalonan presiden bertarung dengan suaminya sendiri tahun 2018. Mugabe sendiri memastikan akan melanjutkan kepemimpinannya.

Ambisi Mnangagwa menyingkirkan Mugabe muncul di bocoran kawat diplomatik Amerika Serikat tahun 2000 yang diungkap mantan prajurit Amerika Chelsea Manning yang bekerja untuk Wikileaks.

Di akhir tahun 2000, kawat diplomatik yang ditulis diplomat Amerika di Harare, Earl Irving, menggambarkan sosok Mnangagwa yang tidak disukai masyarakat Zimbabwe.

“Secara luas ditakuti dan dibenci di seluruh negeri. Dia bisa jadi pemimpin yang lebih represif dibanding Mugabe jika dia jadi penggantinya,” isi kawat diplomatik Irving sebagaimana diberitakan CNN pada Jumat (17/11/2017).

Ketakutan pada Mnangagwa mengakar karena jabatannya dahulu sebagai Kepala Badan Intelijen Pusat atau polisi rahasia. Dia dituding sebagai dalang pembunuhan massal etnis Ndebele di Matabeleland, wilayah yang dikuasai oposisi Mubage, tahun 1983-84. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ribut Soal Yerusalem, Israel Lancarkan Serangan Ke Hamas

Ribut Soal Yerusalem, Israel Lancarkan Serangan Ke Hamas

Gaza – Dikala dunia matanya teralihkan oleh pernyataan Donald Trump mengenai Yerusalem, pada Sabtu dini ...