Home > Ragam Berita > Nasional > Andi Sinulingga Tegaskan Setya Novanto Tidak Banyak Berpengaruh untuk Golkar

Andi Sinulingga Tegaskan Setya Novanto Tidak Banyak Berpengaruh untuk Golkar

Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi sejak Jumat malam 17 November 2017. Setya Novanto ditahan terkait kasus dugaan korupsi kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP.

Andi Sinulingga Tegaskan Setya Novanto Tidak Banyak Berpengaruh untuk Golkar

Namun kondisi Setya Novanto hingga kini masih ada dalam perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pascakecelakaan Rabu lalu.

Menanggapi kasus Setya Novanto ini, Ketua DPP Partai Golkar Andi Sinulingga mengatakan kasus Setya Novanto tidak membawa banyak pengaruh pada partai. Menurutnya, sistem dan agenda Partai Golkar tetap dapat berjalan di bawah kendali Ketua Harian dan Sekertaris Jenderal. “Jadi tidak ada Setnov (Setya Novanto) pun tidak ada masalah,” ujar Andi di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2017).

Tetapi menurut Andi, kasus Setya Novanto membuat pegurus partai sulit untuk membahas urusan partai dengan Ketua Umum Partai Golkar tersebut. Menurutnya, jika pergantian ketua umum dilakukan, juga akan membuat Setya Novanto fokus menjalani proses hukum.

Baca juga: Polda Metro Jaya Bakal Rekayasa Lalu-lintas Terkait Proyek LRT

“Kalo kita lihat ketua umum sebagai tahanan, kami berkunjung pun harus menyesuaikan rumah sakit dan prosedur penahanan. Akan sangat sulit bagi partai golkar untuk membahas bersama ketua,” kata Andi.

Soal wacana penggantian Setya Novanto, kata Andi, akan diadakan rapat untuk membahas hal itu pekan depan. Ia mengatakan rapat tersebut juga akan mempertimbangkan saran dari sesepuh partai seperti Jusuf Kalla maupun Ginandjar Kartasasmita. Menurut Andi, Golkar tidak boleh terus menerus menjustifikasi bahwa tidak ada pengaruh figur pemimpin. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintah mendukung rencana Aksi Bela ...