Home > Olahraga > Balap > Valentino Rossi Akui Senggolan saat Balapan Adalah Hal Biasa

Valentino Rossi Akui Senggolan saat Balapan Adalah Hal Biasa

Lesmo – Pembalap veteran yang kini bernaung di Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mebeberkan pengalamannya selama mentas di MotoGP. Sekadar informasi, pembalap asal Italia telah terjun ke dunia balap sejak ia masih kecil secara resminya masih ke kelas 125 cc terjadi pada 1996.

Valentino Rossi Akui Senggolan saat Balapan Adalah Hal Biasa

Pada tahun keduanya di kelas 125 cc, Rossi langsung keluar sebagai juara dunia dan mendapatkan promosi ke kelas 250 cc. Hal yang sama terjadi di kelas 250 cc di mana rider berjuluk The Doctor itu mampu keluar sebagai jawara di musim keduanya.

Dengan penampilan impresifnya, Rossi mendapatkan kesempatan untuk mentas di kelas tertinggi MotoGP pada 2000 (pada tahun 2000-2001 masih diberi label kelas 500cc). Di musim pertamanya, pembalap yang kini berusia 38 tahun itu mampu finis di urutan kedua.

Bahkan, di musim keduanya (2001), Rossi sukses menyabet gelar juara pertamanya di kelas 500 cc dan mampu dipertahankannya hingga empat musim berikutnya. Lalu dua titel lainnya di kelas MotoGP direngkuh oleh Rossi pada musim 2008 dan 2009.

Meski mampu mengamankan sejumlah gelar, Rossi mengakui bahwa hasil itu tak diraihnya dengan mudah. Tak jarang rider berkebangsaan Italia itu mengalami kecelakaan yang menimbulkan perselisihan di antara pembalap lainnya.

Namun hal tersebut dianggap Rossi sebagai suatu kejadian yang biasa. Bahkan Rossi meminta para juniornya untuk bisa menahan amarah ketika bersenggolan saat balapan digelar.

“Saya pikir Anda harus balapan tanpa menyentuh pembalap lainnya. Tapi juga benar bahwa sepanjang karier saya, saya sangat agresif dan terkadang tak bisa menghindari kontak dengan pembalap lainnya. Tapi dengan kejadian itu saya tumbuh lebih dewasa dan menghormati pembalap lainnya,” ujar Rossi sebagaimana diberitakan GP One pada Kamis (23/11/2017).

“Anda harus mengubah perilaku Anda jika tak sengaja mengalami kontak dengan pembalap lainnya. Tidak perlu marah karena ini adalah sebuah balapan. Mungkin yang Anda butuhkan hanya berbicara dengan mereka mengenai kejadian yang terjadi di lintasan,” tambah Rossi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hamilton Tegaskan Hanya Berfokus pada F1

Hamilton Tegaskan Hanya Berfokus pada F1

Brackley – Tak ada lagi yang meragukan kemampuan pembalap kepunyaan Tim Mercedes, Lewis Hamilton, di ...