Home > Olahraga > Balap > Zarco Tampil Luar Biasa di MotoGP 2017, Apa Rahasianya ?

Zarco Tampil Luar Biasa di MotoGP 2017, Apa Rahasianya ?

Bormes Les Mimosas – Kiprah Johan Zarco kala tampil pada tahun perdananya di kejuaraan dunia MotoGP bersama Tim Monster Yamaha Tech 3 memang sungguh luar biasa. Bagaimana tidak dari 18 balapan yang digelar, Zarco mampu meraih tiga podium.

Zarco Tampil Luar Biasa di MotoGP 2017, Apa Rahasianya ?

Ketiga balapan yang sukses Zarco selesaikan dengan meraih adalah MotoGP Prancis, MotoGP Malaysia, serta MotoGP Valencia. Keberhasilan tersebut mengantarkan Zarco pun merebut titel sebagai Rookie of the Year untuk MotoGP 2017.

Rentetan keberhasilan Zarco tersebut memang membuat banyak kalangan terkesima. Pasalnya di awal musim, banyak yang memprediksi bahwa Zarco bakal bernasib sama seperti mantan juara Moto2 lainnya, Esteve Rabat, yang gagal total bersama Tim Marc VDS Honda.

Mengetahui kondisi tersebut lantas mendapatkan komentar langsung dari teknisi Tim Monster Yamaha Tech 3, yakni Nicolas Goyon. Ia membeberkan apa yang menjadi kunci sukses Zarco tampil kompetitif di MotoGP 2017.

“Untuk menaklukkan motor Yamaha, seorang pebalap membutuhkan gaya berkendara khusus yang sangat spesifik. Pembalap mesti menggeber YZR-M1 secara lembut, mulai mengerem, berakselerasi, hingga menyetel motor,” ucap Goyon sebagaimana diberitakan Speedweek pada Senin (27/11/2017).

“Gaya membalap yang lembut itu telah terbukti membuat (Jorge) Lorenzo menjadi pembalap spesial di Yamaha. Johann Zarco mengetahui gaya balap yang lembut seperti Lorenzo bisa membuat seorang pebalap tampil cepat di atas motor Yamaha. Karena itu, dia langsung memakai gaya tersebut sejak pertama kali menggeber YZR-M1,” imbuhnya.

Zarco sendiri mampu menyelesaikan kejuaraan dunia MotoGP 2017 dengan menempati urutan keenam pada klasemen akhir. Ia terpaut 124 poin dari Marquez yang keluar sebagai juara dunia MotoGP musim ini. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Alonso Berharap Renault Bisa Dongkrak Performa McLaren

Alonso Berharap Renault Bisa Dongkrak Performa McLaren

Woking – Pembalap McLaren, Fernando Alonso, berharap timnya dapat segera bangkit dari keterpurukan yang dialaminya ...