Home > Ragam Berita > Nasional > Setya Novanto Tidak Didampingi Pengacara saa Diperiksa MKD

Setya Novanto Tidak Didampingi Pengacara saa Diperiksa MKD

Jakarta – Pengacara Ketua DPR RI Setya Novanto, Fredrich Yunadi, mengaku tak bisa menemui kliennya saat diperiksa Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Setya Novanto Tidak Didampingi Pengacara saa Diperiksa MKD

Novanto diperiksa MKD terkait laporan dugaan pelanggaran etik anggota Dewan. Pemeriksaan berlangsung di Gedung KPK, Jakarta. “(Seharusnya) Boleh. MKD minta disertakan, tapi saya tidak diizinkan naik,” ujar Fredrich di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Selama Novanto bersama anggota MKD, Fredrich menunggu di Ruang Tunggu KPK. Ia baru ke lokasi pemeriksaan Novanto setelah pemeriksaan selesai.

Fredrich mendampingi Novanto keluar Gedung KPK hingga masuk ke mobil tahanan. Ia mengaku tak tahu apa yang dibahas MKD dengan Novanto dalam pemeriksaan tersebut.

“Mereka (KPK) keberatan saya ikut jadi saya tidak tahu apa yang diperiksa,” kata Fredrich.

Baca juga: Anies Belum Pastikan Bakal Hadir Dalam Reuni Alumni 212

Awalnya, Fredrich tidak mendapat pemberitahuan MKD terkait rencana pemeriksaan Novanto. Ketika tahu ada pemeriksaan, ia langsung menuju Gedung KPK.

Menurut anggota MKD, kata Fredrich, Novanto minta didampingi pengacara. Namun, ia dilarang masuk ke ruang pemeriksaan oleh pihak KPK. “Tidak bicara apa-apa. Jadi hanya meminta supaya bisa dijenguk. Sampai hari ini kan tahu sendiri yang diizinkan untujk menjenguk Beliau kan baru istri dan anak dan tim penasihat hukum,” kata Fredrich.

Menurut dia, banyak pengurus Partai Golkar dan anggota DPR RI yang ingin mengunjungi Novanto, namun belum diperbolehkan. “Kami ajukan sejak tanggal 23 (November), izinnya belum turun. Jadi mereka belum bisa,” kata Fredrich. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Netizen Penasaran Dengan Merk Pelembab Bibir Sandiaga

Netizen Penasaran Dengan Merk Pelembab Bibir Sandiaga

Jakarta – Sandiaga Uno kembali menjadi bahan pembicaraan publik. Saat ditengah wawancara, Sandiaga Uno yang ...