Home > Olahraga > Balap > FIA Imbau Penyelengara F1 GP Brasil Benahi Keamanan Balapan

FIA Imbau Penyelengara F1 GP Brasil Benahi Keamanan Balapan

Paris – Federasi Automotif International (FIA) mendesak penyelenggara Formula One (F1) Brasil yang berlangsung di Sirkuit Jose Carlos Pace, Sao Paulo melakukan sesuatu. Pasalnya sirkuit yang sebelumnya bernama Interlagos itu telah menimbulkan berbagai reaksi pada gelarannya musim ini.

FIA Imbau Penyelengara F1 GP Brasil Benahi Keamanan Balapan

Formula 1

Sejumlah kecelakaan parah terjadi di F1 GP Brasil yang diadakan pada 12 November 2017 itu. Salah satunya adalah Lewis Hamilton yang mengalami kecelakaan di sesi kualifikasi satu. Alhasil ia tak mampu melanjutkan sesi kualifikasi tersebut dan memulai balapan dari posisi 20.

Selain itu kecelakaan yang menimpa para pembalap di sesi balapan telah menimbulkan perdebatan. Kejadian itu pun membuat FIA melakukan rapat pada Selasa 5 November 2017 dengan Dewan Motorsport Dunia dan menghasilkan beberapa rekomendasi.

Hasil rekomendasi menyatakan bahwa pakar keamanan di lintasan tersebut harus melakukan evaluasi. Hal ini dilakukan agar sejumlah insiden yang terjadi di musim ini tidak terjadi. Beberapa pembalap selain Hamilton yang mengalami insiden adalah Esteban Ocon, Kevin Magnussen, Stoffel Vandoorne.

“Ahli keamanan independen diharapkan mengevaluasi dan memberi saran mengenai hal keamanan. Selain itu menerapkan police reporting di sirkuit dan memperbaiki keseluruhan komunikasi antara pendukung promotor, polisi dan pemangku kepentingan F1,” tulis pernyatan FIA sebagaimana diberitakan Skysports pada Kamis (7/12/2017).

“Dewan Motorsport Dunia sangat mendesak promotor untuk menerapkan rekomendasi ini dan memperbaiki situasi menjelang acara tahun depan,” tambah pernyataan tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Alonso Berharap Renault Bisa Dongkrak Performa McLaren

Alonso Berharap Renault Bisa Dongkrak Performa McLaren

Woking – Pembalap McLaren, Fernando Alonso, berharap timnya dapat segera bangkit dari keterpurukan yang dialaminya ...