Home > Ragam Berita > Internasional > Australia Resmi Melegalkan Pernikahan Sejenis

Australia Resmi Melegalkan Pernikahan Sejenis

Canberra – Setelah melakukan jajak pendapat terkait boleh tidaknya pernikahan sejenis, Australia akhirnya menjadi salah satu negara yang melegalkan pernikahan sejenis.

Australia Resmi Melegalkan Pernikahan Sejenis

Dilansir dari BBC, Jumat (8/12/2017), Gubernur Jenderal Australia Peter Cosgrove secara resmi menandatangani undang-undang pernikahan sejenis.

Menurut Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, undang-undang ini akan mulai berlaku pada Sabtu (9/12/2017) pukul 00.00 waktu setempat.

Namun demikian, pelaksanaan pernikahan sejenis pertama di Australia baru bisa dilaksanakan pada 9 Januari 2018 karena pasangan yang akan menikah harus terlebih dahulu memberitahukan kepada pemerintah satu bulan sebelumnya.

“Jadi, semua telah selesai dilakukan. Sekarang UU pernikahan sejenis masuk dalam hukum kita,” kata Malcolm Turnbull.

Pemerintah Australia memutuskan untuk melegalkan pernikahan sejenis karena sebagian besar warga menyetujui pernikahan sejenis dilakukan di Australia pada jajak pendapat yang dilakukan secara nasional.

Australia Resmi Melegalkan Pernikahan Sejenis

“Warga Australia memiliki pendapat, mereka memilih “ya” untuk kesetaraan pernikahan, mencintai, menghormati, dan berkomitmen,” ucap Turnbull.

Sebelumnya, Badan Statistik Australia telah menyebarkan kertas pemilihan selama dua bulan kepada warga untuk memilih “ya” dan “tidak” terkait legalisasi pernikahan sejenis.

Dari hasil jajak pendapat tersebut, 61,6 persen penduduk Australia menyetujui pernikahan sejenis.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Rumah Vertical DP 0 di DKI Diperkirakan Harganya Berkisar Rp 185 - 320 Juta

Rumah Vertical DP 0 di DKI Diperkirakan Harganya Berkisar Rp 185 – 320 Juta

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Dki Sandiaga Uno mulai mewujudkan ...