Home > Ragam Berita > Nasional > Gatot Berharap TNI Tetap Jaga Netralitas Selama Tahun Politik

Gatot Berharap TNI Tetap Jaga Netralitas Selama Tahun Politik

Jakarta – Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kembali mengingatkan para prajurit TNI untuk terus menjaga netralitas selama tahun politik, pada pemilihan kepala daerah serentak berlangsung tahun 2018 serta pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden 2019.

Gatot Berharap TNI Tetap Jaga Netralitas Selama Tahun Politik

“Tahun-tahun mendatang bangsa Indonesia akan menjalani tahun politik. Menghadapi semua tantangan ini saya ingin mengingatkan kepada segenap prajurit TNI untuk sungguh-sungguh teguh memegang prinsip netralitas serta terus memedomani Sapta Marga Sumpah Prajurit dalam setiap langkah tindakan,” kata Gatot pada Sabtu (9/12/2017).

Selama masa pesta demokrasi, menurut dia, para prajurit TNI harus teguh berpegang pada prinsip netralitas dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional. Dia juga berpesan kepada para prajurit TNI agar selalu mewaspadai setiap ancaman yang masuk ke Tanah Air. “Teruslah bekerja keras dan bekerja tegas seraya terus mengevaluasi diri mewujudkan TNI yang kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat,” katanya.

Netralitas, kewaspadaan dan mawas diri, menurut dia, sangat penting dalam dalam pelaksanaan tugas TNI. “Ini sekaligus menjadi penyangga utama bagi tegak dan kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai,” katanya.

Baca juga: Polisi Imbau Ormas Tidak Lakukan Sweeping saat Natal

Panglima TNI yang baru, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, netralitas TNI pada penyelenggaraan pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019. Hadi bertekad membangun TNI yang profesional, independen dan modern.

“Memasuki tahun politik yang merupakan proses demokrasi, TNI akan memegang teguh netralitas dari atas sampai bawah. Demikian pun pengamanan pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019, harus mengutamakan asas hukum dan perundangan-undangan yang berlaku,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Mencabut Larangan Becak di DKI Pernah Ingin Dilakukan Oleh Jokowi

Mencabut Larangan Becak di DKI Pernah Ingin Dilakukan Oleh Jokowi

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menandatangani kontrak politik dengan Jaringan Rakyat Miskin Kota ...