Home > Ragam Berita > Nasional > Gunung Sinabung Kembali Semburkan Awan Panas

Gunung Sinabung Kembali Semburkan Awan Panas

Karo – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara kembali meletus dengan amplitudo 120 milimeter dan durasi 500 detik, pada pukul 15.36 sore ini.

Gunung Sinabung Kembali Semburkan Awan Panas

Gunung Sinabung

Dari pantauan Pos Pengamatan Gunung Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), letusan disertai dengan awan panas guguran dengan jarak luncur 3.500 meter ke arah Tenggara – Timur dan 4.600 meter ke arah Selatan – Tenggara.

“Angin bertiup ke arah Timur – Tenggara,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho pada Rabu (27/12/2017).

Sutopo mengatakan, asap yang keluar dari kawah Sinabung turut disertai abu vulkanik kelabu hitam dengan tekanan sedang hingga kuat. Hujan abu vulkanik jatuh di beberapa di desa di sekitar Gunung Sinabung di antaranya Desa Sukanalu, Kota Tonggal, Kuta Tengah, Gamber, Berastepu, Jeraya, Pintu Besi, dan beberapa desa lain di sektor timur.

Menurut rekomendasi PVMBG, masyarakat dan pengunjung diharap tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 kilometer dari puncak; dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan – Tenggara; dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara – Timur; dan dalam jarak 4 km untuk sektor Utara – Timur G. Sinabung.

Sejak ditetapkan Status Awas atau level 4 pada 2 Juni 2015, aktivitas Gunung Sinabung tetap tinggi. Untuk letusan kali ini, BNP mencatat tidak ada korban jiwa. Sutopo mengatakan, letusan juga tidak menyebabkan kepanikan di masyarakat. “Karena hampir setiap hari Gunung Sinabung meletus,” kata Sutopo. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

KSPI Bakal Deklarasikan Capres di Hari Buruh

KSPI Bakal Deklarasikan Capres di Hari Buruh

Jakarta – Peringatan Hari Buruh alias May Day selalu diperingati oleh para buruh setiap tahunnya. ...