Home > Teknologi > Sains > Hukum Fisika Jelaskan Bagaimana Suara Manusia Bisa Pecahkan Kaca

Hukum Fisika Jelaskan Bagaimana Suara Manusia Bisa Pecahkan Kaca

Jakarta – Para penikmat film pastinya sudah tidak asing lagi dengan adegan suara seseorang memecahkan sebuah gelas kaca. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana bisa suara memecahkan gelas kaca tersebut ?

Hukum Fisika Jelaskan Bagaimana Suara Manusia Bisa Pecahkan Kaca

Ternyata, hal tersebut telah dibuktikan pada tahun 2005 silam. Saat itu, salah seorang penyanyi rock yang bernama Jaime Vendera direkrut oleh Discovery Channel dalam program Mythbusters. Dirinya direkrut guna menguji suara yang kuat.

“Butuh beberapa kali mencoba, ia akhirnya mampu menghancurkan gelas anggur dengan suaranya,” demikian dituliskan oleh Live Science.

Jika berdasarkan dengan hukum fisika, semua benda memiliki frekuensi alami, yaitu frekuensi yang bisa membuat suatu obyek bergetar. Apabila sebuah garpu diketukkan ke gelas anggur, suara mendengung yang dihasilkan itulah frekuensi alaminya.

Ternyata, suara manusia pun juga sanggup memproduksi frekuensi alami serupa yang bisa menggetarkan kaca. Fenomena yang dikenal sebagai resonansi tersebut terjadi lantaran suara penyanyi memindahkan partikel udara di dekatnya hingga menabrak kaca seperti gelombang yang tak terlihat.

Saat suara dari penyanyi diperkuat, gelombang tersebut bakal merambat lebih kuat pula. Dengan amplifikasi yang pas dan tepat, kaca bisa bergetar begitu kuat hingga memungkinkan untuk pecah. Pastinya, untuk mendapatkan hasil yang diharapkan tersebut, harus dengan kondisi yang tepat.

Pasti, bakal lebih mudah bagi penyanyi untuk memecahkan kaca yang sangat tipis. Terlebih lagi, jika gelas anggur sudah memiliki beberapa retakan kecil, akan lebih mudah bagi seorang penyanyi untuk menghancurkannya hingga berkeping-keping.

“Saya tidak merasa spesial,” kata Vendera saat itu. “Saya juga diajari bagaimana melakukannya. Salah seorang teman saya, Jim Gillette dari kelompok musik rock Nitro, biasa memecahkan gelas anggur dengan bantuan amplifier, dan dialah yang mengajari saya melakukannya.”

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Mendekati Bumi, Asteroid Ini Menyimpan "Kekuatan" 80 Ribu Kali Bom Hiroshima

Mendekati Bumi, Asteroid Ini Menyimpan “Kekuatan” 80 Ribu Kali Bom Hiroshima

Jakarta – Baru-baru ini, para ilmuwan menyebut ada sebuah asteroid besar yang paling berbahaya. Diperkirakan, ...