Home > Ragam Berita > Nasional > TNI Bakal Dilibatkan Dalam Pengamanan Demo

TNI Bakal Dilibatkan Dalam Pengamanan Demo

Jakarta – TNI dan Polri telah sepakat dalam penandatanganan kerja sama terkait bantuan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Salah satu bentuk kerja samanya adalah TNI akan membantu Polri mengamankan demo atau unjuk rasa.

TNI Bakal Dilibatkan Dalam Pengamanan Demo

Berdasarkan nota kesepahaman bernomor Kerma/2/I/2018 yang telah ditandatangani Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dalam nota kesepahaman berikut, terdapat beberapa poin yakni keikutsertaan TNI yang bersifat perbantuan dalam pengamanan unjuk rasa atau pun mogok kerja, kerusuhan massa, dan penanganan konflik sosial.

Maka dari itu, keterlibatan tersebut mendapatkan penilaian tersendiri bagi Irjen Pol Setyo Wasisto yang berkata bahwa “Di Rapim TNI-Polri kan kemarin kita sudah menandatangani MoU. Saya kira kami sudah dijelaskan bagaimana porsi-porsinya. Porsi polisi di mana, TNI di mana. Seperti kalau ada unjuk rasa, kemudian Polri ada di depan. TNI menjaga objek vital,”

“Saat terjadi eskalasi, tetap kita akan berbagi tugas yang intinya TNI punya tugas mengamankan objek vital yang ada di sekitar lokasi unjuk rasa. Polri yang tangani unras (unjuk rasa) sampai eskalasi. Kalau pun sampai chaos itu di-backup TNI,” kata Setyo.

Lebih lanjut, jenderal bintang dua ini menyebut kesepakatan atau MoU tersebut dibuat untuk menegaskan tugas masing-masing instansi agar selalu bersinergi.

“Kita antisipasi saja supaya ke depan sudah jelas, siapa berbuat apa, siapa bekerja sama dengan siapa, dan siapa bertanggung jawab dengan siapa itu harus jelas,” katanya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo Yakin Rakyat Bakal Sadar Akan Ketidakberesan Ekonomi

Prabowo Yakin Rakyat Bakal Sadar Akan Ketidakberesan Ekonomi

Jakarta – Prabowo Subianto sempat singgung kondisi perekonomian Indonesia saat dirinya menyapa relawan emak-emak di ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135