Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Tegaskan Kasus Zumi Zola Sudah Diselidiki sejak 18 Januari

KPK Tegaskan Kasus Zumi Zola Sudah Diselidiki sejak 18 Januari

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginformasikan bahwa penyelidikan terhadap Gubernur Jambi 2016-2021 Zumi Zola telah dilakukan sejak 18 Januari 2018.

KPK Tegaskan Kasus Zumi Zola Sudah Diselidiki sejak 18 Januari

“Hal ini merupakan pengembangan dari penyidikan terkait pengesahan RAPBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta pada Sabtu (3/2/2018).

KPK baru saja menetapkan Zumi Zola bersama dengan Kepala Bidang Bina Marga PUPR Provinsi Jambi Arfan sebagai tersangka terkait penerimaan gratifikasi pada 2 Februari 2018.

Lebih lanjut, Febri menyatakan bahwa dalam proses penyelidikan itu, lembaganya telah memintai keterangan sebanyak 10 orang dari unsur Pemprov Jambi, DPRD Jambi, dan swasta termasuk Zumi Zola.

“Setelah ditemukan bukti permulaan yang cukup, maka sejak 24 Januari 2018 dilakukan pennyidikan dengan tersangka Zumi Zola dan Arfan.

Kemudian, kata dia, pada proses penggeledahan di Rumah Dinas Gubernur dan vila di Tanjung Jebung ditemukan dan disita sejumlah uang rupiah dan dolar AS serta sejumlah dokumen proyek juga disita.

Baca juga: Golkar Bakal Berikan Sanksi Tegas kepada Kadernya yang Terciduk KPK

“Bukti-bukti yang disita serta keterangan 13 saksi yang diperiksa akan dipelajari lebih lanjut oleh tim begitu sudah sampai di Jakarta,” ucap Febri.

Sementara itu, tersangka Zumi Zola baik bersama dengan Arfan maupun sendiri diduga menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi dan penerimaan lain dalam kurun jabatannya sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 sejumlah sekitar Rp6 miliar. (Tita Yanuantari – hariaindo.com)

x

Check Also

Habib Rizieq Umumkan Batal Pulang ke Indonesia Hari Ini

Habib Rizieq Umumkan Batal Pulang ke Indonesia Hari Ini

Tangerang – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq memastikan dirinya batal pulang ke ...