Home > Ragam Berita > Nasional > Bawaslu Tegaskan Segera Proses Gugatan PBB dan PKPI

Bawaslu Tegaskan Segera Proses Gugatan PBB dan PKPI

Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan segera memproses gugatan Partai Bulan Bintang ( PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ( PKPI). Kedua parpol yang sebelumnya dinyatakan tak lolos Pemilu 2019 oleh KPU RI itu telah resmi melayangkan gugatannya kepada Bawaslu.

Bawaslu Tegaskan Segera Proses Gugatan PBB dan PKPI

Badan Pengawas Pemilu

Anggota Bawaslu, Mochamad Afifuddin, mengatakan pihaknya akan segera menggelar mediasi antara parpol sebagai pengadu dengan KPU sebagai pihak teradu. “Jika dalam masing-masing mediasi, baik parpol dan KPU sama-sama tidak menemui kesepakatan, maka kami akan menggelar sidang ajudikasi,” kata Afif di Kantor Bawaslu, Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Menurut Afif, Bawaslu punya waktu selama 12 hari kalender untuk memproses gugatan yang dilayangkan oleh PKPI dan PBB. Mediasi pun termasuk dalam proses 12 hari tersebut.

Afif enggan mengomentari soal materi gugatan kedua parpol tersebut. Alasannya, kata dia, materi gugatan itu telah masuk dalam proses sengketa.

Baca juga: Jokowi : Polisi Harus Beri Sanksi Tegas kepada Penyerang Rumah Ibadah dan Pemuka Agama

“PBB mengajukan poin gugatan terkait enam anggotanya yang telat datang proses verifikasi di Kabupaten Manokwari Selatan (Papua Barat),” kata dia.

“Sementara PKPI materi gugatannya lebih banyak karena status tidak memenuhi syarat (TMS) terjadi di banyak daerah,” lanjut Afif. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sekjen Gerindra Jelaskan Partainya Keterbatasan Dana Soal Logistik Pilpres 2019

Sekjen Gerindra Jelaskan Partainya Keterbatasan Dana Soal Logistik Pilpres 2019

Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memulai penggalangan dana publik untuk kebutuhan politiknya ...