Home > Ragam Berita > Internasional > Sergei Shoigu Minta PBB Pantau Situasi Kemanusiaan di Raqqah

Sergei Shoigu Minta PBB Pantau Situasi Kemanusiaan di Raqqah

Moskow – Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengirim utusan guna memantau situasi kemanusiaan ke kota Raqqah, Suriah utara. Dia mengatakan, Rusia berencana membuka koridor kemanusiaan dari Al-Tanf dan Rukban.

Sergei Shoigu Minta PBB Pantau Situasi Kemanusiaan di Raqqah

Sergei Shoigu

Sebagaimana diberitakan PressTV pada Kamis (1/3/2018), Sergei Shoigu mengatakan, Raqqah saat ini berada di bawah kekuasaan militan Kurdi yang disponsori AS tahun lalu. Mereka berhasil mengusir teroris Daesh ke luar kota dan menyerahkan kendali Raqqah kepada pemerintah Damaskus.

Koridor kemanusiaan di Raqqah akan dibuat menyusul gencatan senjata harian yang disepakati Rusia di Ghouta Timur. Gencatan senjata dilakukan guna memberikan akses kepada bantuan kemanusiaan masuk ke kawasan dan mengevakuasi warga sipil.

Shoigu mengatakan, 80 persen bangunan di Raqqah hancur menyusul serangan AS dan sekutunya untuk mengusir teroris Daesh. Dia mengatakan, saat ini pasokan air dan energi bagi warga yang berada dilokasi itu terputus.

Kepada Dewan HAM PBB, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan, negaranya telah melakukan peran untuk menghentikan serangan di Ghouta Timur. Lavrov mendesak pihak yang membetuk koalisi dengan AS untuk memberikan jaminan akses kemanusiaan serupa di lokasi tersebut.

Rusia meminta akses kemanusiaan yang sama diberikan terhadap wilayah-wilayah yang berada di bawah kendali mereka, termasuk kamp pengungsi Rukban dan seluruh wilayah di sekitar al-Tanf.

Sebelumnya, Rusia mengatakan kelompok militan yang berada di Ghouta Timur, Suriah menghalangi masuknya bantuan kemanusiaan dan evakuasi warga. Mereka mengatakan, gangguan itu terjadi di koridor kemanusiaan yang dibentuk Moskow. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Terdengar Suara Tembakan Senjata Otomatis di Dekat Istana Raja Salman, Percobaan Kudeta?

Terdengar Suara Tembakan Senjata Otomatis di Dekat Istana Raja Salman, Percobaan Kudeta?

Riyadh – Warga Arab Saudi di sekitar kediaman Raja Salman bin Abdulaziz al Saud, dikejutkan ...