Home > Ragam Berita > Nasional > ICMI Menyebut Islam Melarang Politisasi Agama

ICMI Menyebut Islam Melarang Politisasi Agama

Jakarta – Fuad Amsyari selaku salah satu anggota Dewan Kehormatan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengungkapkan penilaiannya mengenai politisasi agama adalah hal yang dilarang dalam Islam.

ICMI Menyebut Islam Melarang Politisasi Agama

Akan tetapi dirinya melanjutkan bahwa dalam berpolitik, Islam menjadi pijakan utama di mana aspek politik dalam Islam berasal dari Alquran dan sunnah.

Saat ditemui di acara yang digelar Pesantren Tebuireng, dirinya menjelaskan bahwa “Agama dan politik tidak dapat dipisahkan sebab politik adalah bagian integratif dari ajaran agama Islam. Meski demikian, dalam Islam tidak dibenarkan adanya politisasi agama,”

Hal tersebut ia ungkapkan saat mengisi Seminar Nasional bertajuk “Mencari Kesepakatan tentang Makna Politisasi Agama” yang digelar di sana.

“Melalui proses politik pula rasul menjadi kepala negara Madinah. Hal ini sudah menjelaskan kalau memang Islam memberikan ajaran politik,” lanjutnya.

Namun, dia menegaskan yang terlarang dalam agama Islam adalah politisasi agama. Apalagi jika memanfaatkan simbol agama untuk tujuan dan aktivitas politik yang tidak terkait dengan kaidah agama.

“Mengelabui orang beragama untuk kepentingan politik, itulah politisasi agama,” kata dia.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Pernyataan Zulkifli Hasan Usai Jalani Pemeriksaan di KPK

Inilah Pernyataan Zulkifli Hasan Usai Jalani Pemeriksaan di KPK

Jakarta – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan baru selesai menjalani pemeriksaan Komisi ...