Home > Ragam Berita > Nasional > Usai Cadar, MUI Khawatir Akan Ada Larangan Berjenggot

Usai Cadar, MUI Khawatir Akan Ada Larangan Berjenggot

Jakarta – MUI ternyata memandang serius perihal polemik pelarangan cadar di salah satu PTN di Yogyakarta. Kali ini MUI meminta kepada semua pihak untuk menahan diri untuk tidak menjadikannya sebagai alat untuk mendiskreditkan dan menyalahkan antarkelompok pandangan keagamaan di masyarakat.

Usai Cadar, MUI Khawatir Akan Ada Larangan Berjenggot

Zainut Tauhid selaku Waketum MUI mengatakan bahwa “Karena dikhawatirkan dapat memecah belah persatuan dan kesatuan umat Islam,”

Dirinya memiliki penilaian bahwa sesungguhnya pemakaian cadar bagi seorang muslimah sebagai syarat dan kewajiban untuk menutup aurat adalah salah satu bagian dalam agama Islam (furu’iyyat). Karena masih terdapat perbedaan pandangan di kalangan ulama (khilafiyah), hendaknya semua pihak dapat menerima perbedaan pandangan tersebut.

“Saya khawatir setelah larangan itu kemudian disusul dengan larangan berikutnya yaitu larangan mahasiswa yang memakai celana cingkrang dan berjenggot,” katanya.

Selain itu dirinya juga mengungkapkan bahwa untuk menangkal ajaran radikalisme harus melalui pendekatan yang lebih komprehensif. Baik melalui pendekatan persuasif, edukatif maupun konseling keagamaan yang intensif.

“Untuk hal tersebut MUI meminta kepada semua pihak hendaknya menempatkan masalah ini sebagai sesuatu hal yang wajar, proporsional dan tidak perlu dibesar-besarkan,” katanya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Jakarta – Salah seorang Pengamat politik, Maksimus Ramses Lalongkoe baru-baru ini memberikan prediksinya terkait sejumlah ...