Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Politik Menilai Peluang Ahok Dalam Pemilu 2019 Semakin Tertutup

Pengamat Politik Menilai Peluang Ahok Dalam Pemilu 2019 Semakin Tertutup

Jakarta – Baru-baru ini, salah seorang Pengamat politik bernama Ujang Komarudin memberikan penilaian seputar peluang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk menjadi calon wakil presiden pendamping Joko Widodo dalam Pemilu 2019 mendatang.

Pengamat Politik Menilai Peluang Ahok Dalam Pemilu 2019 Semakin Tertutup

Ujang mengatakan bahwa peluang Ahok semakin tertutup. Hal tersebut lantaran Ahok diperkirakan baru selesai menjalani masa hukuman sebagai terpidana kasus penodaan agama pada bulan Agustus 2018 mendatang.

Di lain pihak, waktu pendaftaran pasangan calon presiden-calon wakil presiden dalam Pemilu 2019 sendiri bakal dilangsungkan mulai tanggal 4 hingga 10 Agustus 2018.

“Saya kira peluang Ahok untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Jokowi, sangat kecil,” ujar Ujang, pada Sabtu (10/3/2018).

Menurut Pengajar di Universitas Al Azhar Indonesia tersebut, Presiden Jokowi juga tidak akan mau menggandeng Ahok. Pasalnya, mantan bupati Belitung Timur tersebut menjadi terpidana usai didakwa menodai Islam.

Ujang melanjutkan, Jokowi yang masih membutuhkan tambahan elektoral pasti tidak ingin terbebani oleh posisi Ahok. Oleh sebab itu, lanjut Ujang, calon petahana di Pilpres 2019 tersebut tak akan mungkin menggandeng Ahok sebagai cawapres.

“Saya kira Jokowi membutuhkan cawapres yang mampu mengangkat elektoralnya. Sangat riskan menggandeng Ahok, apalagi elektabilitas Jokowi masih di bawah 50 persen,” ulas Ujang.

Lebih lanjut Ujang mengatakan, Jokowi membutuhkan suara dari pemilih muslim. Karena itu, Ujang memprediksi kebijakan-kebijakan yang akan diambil Jokowi dalam waktu dekat ini akan sangat berpihak dan menguntungkan kalangan Islam.

“Saya kira ini sangat wajar. Salah satunya rencana menjadikan Abu Bakar Ba’asyir menjadi tahanan rumah,” kata Ujang

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Dalam Waktu Dekat Polda Jatim Akan Geledah Rumah Ahmad Dhani

Dalam Waktu Dekat Polda Jatim Akan Geledah Rumah Ahmad Dhani

Jakarta – Mengenai kasus pencemaran nama baik, ternyata Ahmad Dhani gagal menghadirkan saksi ahli yang ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135