Home > Ragam Berita > Nasional > Setnov Akui Masih Punya Harapan Hakim Kabulkan Justice Collaborator

Setnov Akui Masih Punya Harapan Hakim Kabulkan Justice Collaborator

Jakarta – Terdakwa Setya Novanto (Setnov) masih berharap Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) mengabulkan permohonan status justice collaborator (JC) yang telah diajukan meski Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menolak permohonan itu.

Setnov Akui Masih Punya Harapan Hakim Kabulkan Justice Collaborator

Setnov

Menurut terdakwa perkara korupsi e-KTP itu, belum ada keputusan final terkait permohonan status justice collaborator.

“Kalau soal justice collaborator kan memang belum ditolak, tapi saya tetap menghargai apa yang sudah diputuskan masalah jaksa penuntut umum saya tetap menghormati,” kata Setnov usai menghadiri sidang tuntutan di ruang tunggu Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (29/3/2018).

Dalam kesempatan itu,‎ mantan Ketua DPR itu menyatakan bahwa tidak ada penerimaan uang secara langsung ke kantong pribadinya. Sebagaimana hal itu diungkapkan Setnov berdasarkan pemaparan berkas tuntutan KPK.

“Yang sejelasnya tuh bahwa tadi kan sudah disampaikan juga oleh JPU bahwa tidak ada penerimaan uang secara langsung kepada saya. Jadi memang saya tidak pernah menerima uang tersebut,” tuturnya.

Baca juga: Sri Bintang Pamungkas Dilaporkan DPP PITI, Ada Apa ?

Jaksa pada KPK menuntut Setya Novanto dengan pidana penjara selama 16 tahun dan denda sebesar Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan.

Setnov juga dituntut membayar uang pengganti sebesar USD7.435 Juta. ‎Beban pidana tambahan tersebut akan dikurangi Rp5 miliar, uang yang telah dikembalikan Setnov beberapa waktu lalu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hakim Bacakan Vonis Setya Novanto Hari Ini

Hakim Bacakan Vonis Setya Novanto Hari Ini

Jakarta – Sidang kasus korupsi dana proyek pengadaan e-KTP yang melibatkan mantan Ketua DPR Setya ...