Home > Olahraga > Balap > Rossi Beberkan Perbandingan Bayaran Pembalap MotoGP dan F1

Rossi Beberkan Perbandingan Bayaran Pembalap MotoGP dan F1

Lesmo – Pembalap veteran milik Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, coba membeberkan perbandingan bayaran yang diterima oleh riderMotoGP dengan ajang Formula One (F1). Rossi tak menampik bahwa bayaran yang didapat sejumlah pembalap MotoGP masih kalah dari F1.

Rossi Beberkan Perbandingan Bayaran Pembalap MotoGP dan F1

Bukti kuat adalah dengan keputusan F1 untuk meniadakan balapan di Sirkuit Sepang pada tahun ini, lantaran mulai kehilangan peminat. Hal berbeda justru dialami MotoGP yang bahkan menambah satu seri Asia Tenggara, yakni Thailand, di musim 2018.

Seri Asia Tenggara pun kemungkinan bertambah satu lagi pada tahun depan, andaikan Indonesia berhasil ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah seri MotoGP 2019. Meski memiliki popularitas lebih baik ketimbang F1, nyata tak berdampak terhadap gaji para pembalap MotoGP.

Sebagai contoh, Marc Marquez yang kini menjadi pembalap dengan bayaran tertinggi saja masih kalah jauh dibandingkan jawara F1, Lewis Hamilton. Yang mana Marquez bergaji 15 juta euro atau sekira Rp254 miliar, sedangkan Hamilton mampu mendapatkan pemasukan sebesar 30 juta euro atau sekira Rp508 miliar di setiap tahunnya.

“Apabila melihat dari sisi kemampuan membalap, tingkat risiko yang besar, dan upaya keras ketika Anda harus berada di barisan terdepan, tentu saja tidak benar jika F1 lebih baik daripada MotoGP,” ucap Rossi, seperti disadur dari Tuttomotoriweb, Selasa (3/4/2018).

“Namun, sejumlah pihak mengatakan F1 lebih dikenal karena merupakan olahraga kelas dunia. Jika berkaca dari fenoma saat ini, orang-orang lebih banyak memiliki mobil daripada sepeda motor. Fakta itu benar menurut saya. F1 memberikan lebih banyak uang daripada MotoGP. Itu kenyataannya,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Marquez Akui Tetap Waspadai Para Pesaingnya di MotoGP Amerika Serikat 2018

Marquez Akui Tetap Waspadai Para Pesaingnya di MotoGP Amerika Serikat 2018

Austin – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mampu menunjukkan penampilan luar biasa ketika tampil ...