Home > Ragam Berita > Nasional > Jelang UN SMP, Kemendikbud Diminta Permudah Soal

Jelang UN SMP, Kemendikbud Diminta Permudah Soal

Surabaya – Pekan Ujian Nasional (UN) untuk para siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah hampir tiba. Para siswa SMP di tingkat akhir sudah mulai terlihat tegang menyambut soal-soal UN yang akan mereka hadapi demi kenaikan peringkat ke jenjang sekolah berikutnya, yakni Sekolah Menengah Atas (SMA).

Jelang UN SMP, Kemendikbud Diminta Permudah Soal

Ilustrasi

Berdasarkan pengalaman siswa tingkat SMA yang menilai soal UN terlalu sulit dibandingkan kisi-kisinya. Akun resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) , @kemendikbud.ri, pun dibanjiri komentar dari para netizen yang sepertinya para siswa SMP tingkat akhir.

Dalam akun tersebut, mereka menyampaikan permintaan kepada Kemendikbud agar level soal UN yang mudah hingga persyaratan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tingkat SMA agar tidak memakai nilai UN.

Baca juga : Dikritik Soal UN Terlalu Sulit, Begini Jawaban Dari Mendikbud

@anauliaisr : “Pak soal UNBK smp jangan dibuat ‘terlalu’ susah ya pak. Disesuaikan sama kemampuan murid-murid. Kalau pun mau diberi soal susah, jangan yang keterlaluan pak kayak kasus kakak SMA kemarin, kami masih mau melanjutkan ke sekolah selanjutnya, doakan lancar ya pak bu”

@shyakirafatiha : “Pak, kenapa ya di beberapa bidang studi USBN yang sedang saya jalani saat ini. Ada yang sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan dan ada juga yang melenceng jauh dari kisi-kisi. Apalagi soal Matematika, menurut saya susah sekali pak. Jadi khawatir gimana nanti pas UNBK. Tolong klarifikasinya ya pak. Terimakasih”

Akun @kemendikbud.ri juga sempat membalas komentar netizen terkait soal UN SMP. Akun tersebut menjelaskan bahwa UN merupakan kombinasi soal dengan tingkat kesulitan yang beragam, ada yang mudah, sedang, dan sulit. Itu juga sudah sesuai kurikulum dan kisi-kisi dengan menggunakan pola pikir penalaran.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Yakin Penjualan Saham Perusahaan Bir Bakal Disetujui DPRD

Sandiaga Yakin Penjualan Saham Perusahaan Bir Bakal Disetujui DPRD

Jakarta – Mengenai keputusan Pemerintah DKI melepas saham PT Delta Djakarta sebesar 26,2%, Sandiaga menilai ...