Home > Ragam Berita > Nasional > Hasil Survey Cyrus Menyebut Golkar Partai Paling Korup

Hasil Survey Cyrus Menyebut Golkar Partai Paling Korup

Jakarta – Sebuah lembaga survei Cyrus Network melakukan survei terkait partai-partai Indonesia yang melakukan tindakan korupsi. Survei Cyrus Network ini dilaksanakan pada 27 Maret hingga 3 April.

Hasil Survey Cyrus Menyebut Golkar Partai Paling Korup

Ilustrasi

Jumlah responden mencapai 1.230 orang yang tersebar pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error lebih kurang 3 persen.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Cyrus Network menemukan hasil bahwa partai yang paling banyak melakukan tindakan korupsi adalah Partai Golkar. Managing Director Cyrus Network, Eko Dafid Afianto, mengatakan bahwa total responden yang menyatakan itu mencapai 24,7 persen.

“Urutan kedua ditempati Partai Demokrat (16,3 persen). Kemudian PDIP (8,7 persen), PAN (1,5 persen) dan PKS (1,1) persen. Partai-partai lain persentasenya di bawah satu persen,” ujar Eko saat merilis hasil survei di Cikini, Jakarta, Kamis (19/04/2018).

Baca juga : Presiden PKS dan SBY Akan Bertemu Bicarakan Kemungkinan Poros Ketiga

Eko mengatakan bawha Cyrus Network juga bertanya lebih lanjut kepada para responden pada survei yang dilakukan kali ini. Menurut mereka parpol parpol yang dinilai paling terdepan memperjuangkan kepentingan rakyat adalah PDI.

“Hasilnya, urutan teratas itu PDI Perjuangan (28 persen). Disusul Golkar (10,7 persen), Gerindra (8,4 persen) dan Perindo (7 persen),” jelasnya.

Lebih lanjut Eko menjelaskan bahwa urutan berikutnya terdapat PKB (5,9 persen), Demokrat (4,6 persen), PKS (3,4 persen) dan PPP (2,5 persen). Kemudian Partai NasDem (2,4 persen), PAN (1,5 persen), Hanura (1 persen), Partai Berkarya (0,5 persen), PSI (0,2 persen), PBB (0,1 persen) dan Partai Garuda (0,1 persen).
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Yakin Penjualan Saham Perusahaan Bir Bakal Disetujui DPRD

Sandiaga Yakin Penjualan Saham Perusahaan Bir Bakal Disetujui DPRD

Jakarta – Mengenai keputusan Pemerintah DKI melepas saham PT Delta Djakarta sebesar 26,2%, Sandiaga menilai ...