Home > Ragam Berita > Nasional > Budi Karya : Terjadi Penurunan Pemudik dengan Sepeda Motor dan Mobil

Budi Karya : Terjadi Penurunan Pemudik dengan Sepeda Motor dan Mobil

Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, terjadi penurunan jumlah pemudik yang mengunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil pada musim Lebaran 2018 ini.

Budi Karya : Terjadi Penurunan  Pemudik dengan Sepeda Motor dan Mobil

Menhub Budi Karya

“Tahun ini ada angka yang baik untuk perkembagan arus mudik, yakni menurunya kendaraan pribadi mobil dan motor. Justru angkutan transportasi umumnya yang naik,” kata Budi saat meninjau Terminal Kampung Rambutan di Jakarta Timur, Selasa (19/6/2018).

Budi menjelaskan, dari penurunan angkutan pribadi, yang paling signifikan adalah sepeda motor. Padahal sebelumnya Menhub memperkirakan ada kenaikan jumlah pemudik dengan sepeda motor sebesar 30 persen pada Lebaran kali ini.

“Dari catatan kami, sementara turunya pengendara pemotor itu sekitar 40 persen, padahal kami memprediksikan naik 30 persen. Hal ini menandakan sudah sesuai dengan harapan pemerintah, bahwa pemudik jarak jauh jangan menggunakan sepeda motor,” kata dia.

Di sisi lain pemerintah mencatan naiknya jumlah penumpang transportasi umum pada musim mudik Lebaran kali ini. Budi menyebutkan, kenaikannya mendekati 20 persen.

Baca juga: PAN Masih Pelajari Hak Angket Terkait Pengangkatan Pj Gubernur Jabar Komjen Iriawan

“Ada kenaikan dari penumpang (transportasi umum) lebih dari 10 persen, mendekati angka 20 persen dibanding tahun lalu,” kata dia

Dia menjelaskan, tren kenaikkan transportasi umum terjadi hampir merata. Penumpang bus naik sekitar 15 persen sama dengan pesawat, kereta api sekitar 5 persen, kapal laut juga 5 persen. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Boediono Berikan Keterangan Terkait Kasus Century di KPK

Boediono Berikan Keterangan Terkait Kasus Century di KPK

Jakarta – Mantan Wakil Presiden RI, Boediono, memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk kasus korupsi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135