Home > Ragam Berita > Nasional > PSI Pastikan Semua Bacalegnya Bukan Mantan Koruptor

PSI Pastikan Semua Bacalegnya Bukan Mantan Koruptor

Jakarta – Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) 2019 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah didaftarkan ke Kantor Pemilihan Umum (KPU). PSI mengklaim bahwa para bacaleg yang telah didaftarkan bukanlah mantan dari napi korupsi yang telah dibebaskan.

PSI Pastikan Semua Bacalegnya Bukan Mantan Koruptor

Pengurus dan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

“Yang terpenting 100% caleg PSI, tidak ada yang eks napi korupsi, itu yang kita serahkan hari ini ke KPU,” ujar Ketua Umum PSI Grace Natalie, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (17/07/2108).

Lebih lanjut Grace menjelaskan bahwa sebanyak 575 orang bacaleg telah didaftarkan secara resmi ke KPU. Grace mengatakan bahwa lebih dari separuhnya berusia di bawah 45 tahun dan sebanyak 45% dari total bacaleg keseluruhan merupakan perempuan.

“Bacaleg PSI seluruhnya ada 575 bacaleg yang maju dari 80 dapil, kemudian yang bisa kami sampaikan dari seluruh caleg yang maju dari PSI 65% usianya di bawah 45 tahun, dan 45 persen adalah perempuan,” jelas Grace.

Baca juga : Chris John Maju Jadi Caleg Melalui Partai NasDem

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Badan Pemenangan pemilu PSI Sumardy mengatakan bahwa partainya memiliki mekanisme sendiri dalam menentukan nomer urut para bacalegnya. Sumardy menjelaskan bahwa pemberian nomer urut para bacaleg diberikan sesuai dengan hasil pengundian nomer yang diperoleh.

“PSI menawarkan tradisi baru dalam menentukan nomor urut dengan mengundi,” kata Sumardy.

Sumardy menyebut bahwa langkah tersebut diambil bertujuan agar setiap bacaleg memiliki kesempatan yang sama. Selain itu, PSI ingin memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa para bacaleg benar-benar merakyat.

“Sehingga setiap orang memiliki kesempatan yang sama, karena ini juga edukasi kepada masyarakt bahwa memilih caleg itu bukan soal mengundi nomor tapi benar benar merakyat,” pungkasnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Zulhas Kritik Utang RI, PDIP : "Ketua MPR Kali Ini Bukan Seorang Negarawan"

Zulhas Kritik Utang RI, PDIP : “Ketua MPR Kali Ini Bukan Seorang Negarawan”

Jakarta – Baru-baru ini, Ketua MPR Zulkifli Hasan diketahui memberikan kritikan kepada pemerintahan Presiden Joko ...