Home > Gaya Hidup > Tips > Konsumsi Bir Dikabarkan Bisa Bantu Perkembangan Otak, Benarkah ?

Konsumsi Bir Dikabarkan Bisa Bantu Perkembangan Otak, Benarkah ?

Jakarta – Kabar baik bagi semua pecinta bir. Baru baru ini, para ilmuwan Hong Kong menemukan bahwa sebenarnya bir sangat baik untuk kesehatan Anda.

Konsumsi Bir Dikabarkan Bisa Bantu Perkembangan Otak, Benarkah ?

Laporan Ladbible yang diterbitkan dalam The American Journal of the Medical Sciences mengklaim bahwa bir mengandung lebih banyak protein dan vitamin B daripada anggur, tinggi antioksidan dan dapat mengurangi terjadinya penyakit kardiovaskular.

“Bir mengandung sejumlah kecil mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zing, tembaga, mangan dan selenium, fluoride dan silicon,” kata Ahli gizi Sisi Yip sebagaimana diberitakan TheHealthSite pada Rabu (8/8/2018).

“Bir juga mengandung berbagai polifenol seperti flavonoid dan asam fenolik, yang berkontribusi langsung terhadap beberapa karakteristik bir seperti rasa, kabut, tubuh dan kekenyangan,” tambah dia.

Menurut Yip, penelitian telah menunjukkan bahwa polifenol merupakan bahan kimia alami yang ditemukan dalam tumbuhan. Polifenol ini dapat menurunkan risiko mengembangkan atherosclerosis, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung karena efek anti-radang di dalam bir, dibandingkan dengan minuman yang beralkohol tinggi lainnya.

Bahkan, menurut berbagai penelitian bahan utama xanthumol yang digunakan untuk membuat bir dapat mengurangi kemungkinan resistensi insulin, yang berpotensi menjadi berita baik bagi penderita diabetes.

Namun, mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat membuat Anda mabuk dan juga menimbulkan efek yang mengerikan seperti penyakit hati dan tekanan darah tinggi dan juga tinggi kalori. Karenanya, Yip menyarankan bahwa lebih baik menghindari sesuatu buruk yang berhubungan dengan alkohol.

“Pria dan wanita disarankan untuk tidak minum lebih dari 14 gelas dalam seminggu. Idealnya, batas kesehatan hingga satu pint untuk pria dan setengah pint untuk wanita per hari,” tuturnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Faktor yang Bikin Baterai Smartphone Cepat Habis

Inilah Beberapa Faktor yang Bikin Baterai Smartphone Cepat Habis

Solo – Baterai merupakan komponen penting bagi ponsel pintar. Namun, penggunaan smartphone yang berlebihan seringkali ...