Home > Ragam Berita > Nasional > Kiai Ma’ruf Amin Didesak Untuk Segera Mundur Dari Jabatan Ketua MUI

Kiai Ma’ruf Amin Didesak Untuk Segera Mundur Dari Jabatan Ketua MUI

Jakarta – Bakal cawapres Ma’ruf Amin baru-baru ini mendapat kritikan, karena dirinya menolak mundur sebagai ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kritik tersebut datang dari pihak PAN. Sebelumnya, Ma’ruf Amin menolak mundur karena berdalih belum menjabat resmi sebagai wapres.

Kiai Ma'ruf Amin Didesak Untuk Segera Mundur Dari Jabatan Ketua MUI

Melihat hal itu, Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay mendesak Ma’ruf untuk mundur dari Ketua MUI karena bisa memicu kekhawatiran MUI akan ikut berpolitik praktis. Disamping itu, Saleh menilai pengurus MUI berasal dari berbagai ormas Islam di Indonesia. Tak heran jika masing-masing anggota MUI memiliki pandangan, afiliasi, dan aspirasi politik.

“Sebaiknya Ma’ruf Amin mengundurkan diri dari posisinya sebagai ketum MUI. Pasalnya, dengan tetap menjadi ketum MUI, ada kekhawatiran lembaga tersebut akan dijadikan tunggangan politik. Padahal MUI itu adalah ormas yang secara prinsipil independen dari kekuatan dan kepentingan politik,” kata Saleh melalui pesan singkat, Selasa (18/9/2018).

“Karena itu, ketua umum yang menjabat semestinya juga netral secara politik. Kan tidak enak bagi pengurus lain yang mendukung pasangan berbeda. Faktanya, di MUI ada banyak yang dipastikan tidak memilih atau mendukung pasangan Ma’ruf Amin,” terangnya.

Menurut politikus asal Sumut itu, apabila pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin kalah dalam kontestasi pilpres, maka bisa muncul anggapan bahwa MUI tidak bisa diterima rakyat.

“Lagian kalau nanti kalah, orang akan berpikiran kalau MUI tidak diterima masyarakat. Sebab, ketua umumnya tidak dipilih dalam pilpres. Karena itu, lebih baik lepaskan saja jabatan ketua umum biar lebih fokus dan independen,” tutupnya.

(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Zumi Zola Resmi Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Zumi Zola Resmi Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Jakarta – Gubernur Jambi nonaktif sudah dieksekusi KPK ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Eksekusi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135