Home > Ragam Berita > Internasional > Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Washington – Empat lembaga hak asasi manusia dan kebebasan pers mendesak Turki meminta penyelidikan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mencegah upaya menutupi kejahatan pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Sebagaimana diberitakan Channel News Asia pada Minggu (21/10/2018), empat badan internasional itu adalah Komite untuk Perlindungan Wartawan, Pengawas Hak Asasi Manusia, Amnesti Internasional, dan Wartawan Tanpa Batas. Keempat lembaga itu menegaskan sebuah penyelidikan oleh Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, akan mengungkapkan secara jelas perkara itu.

Mereka mengkhawatirkan ada sejumlah pihak yang berusaha menutupi kejahatan hilangnya Khashoggi, yang diduga dibunuh di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. Sebelumnya Arab Saudi sudah membantah berada di balik pembunuhan Khashoggi.

Otoritas Turki telah melakukan penyelidikan di dalam konsulat. Mereka menyita sejumlah dokumen, dan sebuah rekaman audio dan video, yang menampilkan peristiwa pembunuhan Khashoggi di konsulat. Namun, Turki tidak mempublikasikan isi rekaman tersebut ke publik.

Bahkan, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, enggan menyalahkan Arab Saudi, yang merupakan negara sekutunya, Trump menyatakan, sekalipun Turki menyatakan memiliki bukti atas pembunuhan itu namun tudingan itu masih sangat prematur.

Amerika Serikat meminta Turki untuk menunjukkan bukti yang disebut dimiliki oleh mereka terkait dugaan mutilasi terhadap Khashoggi. “Kami sudah memintanya kalau memang bukti itu ada,” kata Trump.

Diketahui bahwa Khashoggi terakhir terlihat saat dia memasuki Konsulat Saudi pada 2 Oktober 2018. Dia diduga dibunuh dan dimutilasi oleh sebuah tim agen Arab Saudi di konsulat.

Pihak kepolisian Turki menduga tubuh Khashoggi dibuang di dekat hutan atau tanah pertanian di Turki. Kepolisian Turki saat ini telah memperluas pencarian mayat Khashoggi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

CNN dan Acosta Layangkan Gugatan kepada Trump, Apa Alasannya ?

CNN dan Acosta Layangkan Gugatan kepada Trump, Apa Alasannya ?

Washington – Manajemen CNN akhirnya menggugat Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang mencabut akses media ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135