Jakarta – Para acara Reuni 212 yang digelar di kawasan Monas, Jakarta, pada Minggu (2/12/2018), dilaporkan banyak kasus dimana peserta mengalami kesurupan.

Ini Dia Tanda-Tanda Seseorang Mengalami Kesurupan

Lantas bagaimana mengenali seseorang memang mengalami kesurupan?

Dilansir dari Spiritual Research Foundation, kesurupan secara ilmiah memiliki tanda-tanda khusus, yakni :

1. Sensasi di kelima indera tubuh
Orang yang kesurupan akan mengalami sejumlah keanehan yang ia rasakan di kelima indera tubuh. Mata seakan tertarik ke dalam tubuh dan mengalami iritasi, mulut dan tenggorokan akan terasa kering, kulit berminyak, serta merasa sensasi merinding bila kulit disentuh.

2. Gejala yang berhubungan dengan 9 pembukaan tubuh
Semua jalur lubang tubuh akan berpengaruh sebagai perlawanan masuknya energi negatif ke dalam tubuh. Orang yang kesurupan akan mengalami batuk, sendawa, bersin, kentut dan sebagainya. Selain itu, orang yang kesurupan akan merasakan sensasi seperti ditusuk-tusuk di tubuhnya, pusing, nyeri punggung, hingga kram.

3. Sistem reproduksi dan organ motorik terpengaruh
Sistem reproduksi akan susah berjalan normal terutama untuk wanita. Sedangkan dari sisi motorik tubuh, orang yang kesurupan akan sering melakukan gerakan gelisah dan susah lelah. Selain itu, ia dapat mengeluarkan suara-suara aneh, seperti suara binatang, atau gender yang berlawanan dengan orang yang kesurupan.

4. Penurunan energi vital
Kesurupan mengakibatkan penurunan energi vital atau yang dalam ilmu spiritual dikenal dengan istilah Prāṇa-shakti.
(samsularifin – www.harianindo.com)