Jakarta – Menjelang debat pilpres, ternyata Ma’ruf Amin mengaku tidak memiliki persiapan. Perihal debat, dirinya mengklaim sudah sering berdebat dalam berbagai forum Nahdlatul Ulama (NU).

Kiai Ma'ruf Amin Mengaku Sudah Biasa Berdebat di NU

Saat ditemui di kediamanya kemarin, dirinya menuturkan bahwa “Tentu kalau persiapan ya kita menyiapkan dirilah, tetapi tak selalu segala-segalanya, seperti biasa lah, saya kan biasa kalau berdebat di NU biasa itu, hanya materinya yang berbeda tentu, jadi saya membaca, kira-kira apa yang akan didebatkan itu,”

“Ah nggak (saran khusus), paling kita nanti ingin bagaimana, kan beliau presiden tentu beliau yang akan memberikan (materi), nanti saya tinggal yang menambahkan saja, kan calon presidennya, masa cawapres banyak (bicara),” jelasnya.

Selain itu, Ma’ruf juga bicara mengenai simulasi debat yang telah dilakukan dengan Jokowi. Dia mengaku dalam simulasi diberi arahan mengenai cara dan materi debat.

“(Simulasi) biasa sajja itu mah, istilahnya itu tentu materi, kemudian apa yang akan kita debatkan, gitu aja, gimana sih caranya orang berdebat,” tuturnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)