Home > Ragam Berita > Nasional > Ditjenpas Sebut Abu Bakar Ba’asyir Belum Bebas

Ditjenpas Sebut Abu Bakar Ba’asyir Belum Bebas

Jakarta – Hingga saat ini, Abu Bakar Ba’asyir belum dinyatakan bebas, karena ia menolak menandatangani surat pernyataan Ikrar Kesetiaan NKRI.

Ditjenpas Sebut Abu Bakar Ba’asyir Belum Bebas

“Sampai saat ini belum ada usulan pembebasan bersyarat yang diusulkan Kalapas Gunung Sindur ke Ditjenpas karena ustadz sampai saat ini belum berkenan menandatangani surat pernyataan ikrar kesetiaan NKRI sebagai salah satu persyaratan pembebasan bersyarat,” ujar Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan HAM, Ade Kusmanto.

Menurut Ade, menandatangani surat pernyataan tersebut merupakan syarat agar Abu Bakar Ba’asyir menerima pembebasan bersyarat.

“Jadi peluang mendapat pembebasan bersyarat tergantung dari kesediaan ustadz Abu Bakar Ba’asyir untuk mengikrarkan kesetiannya kepada NKRI dinyatakan tertulis dalam surat pernyataan,” jelas Ade.

Satu-satunya cara agar Abu Bakar Ba’asyir bisa mendapatkan kebebasan tanpa syarat yakni dengan melalui grasi dari presiden.

“Grasi adalah hak prerogratif presiden. Ustadz Abu Bakar Ba’asyir bisa bebas melalui bebas murni setelah habis menjalani pidananya, bebas bersyarat setelah menjalani 2/3 masa pidananya dan grasi presiden dengan alasan kemanusiaan,” tutupnya.
(samsularifin – harianindo.com)

x

Check Also

Gunung Anak Krakatau Kembali Tunjukkan Aktivitas

Gunung Anak Krakatau Kembali Tunjukkan Aktivitas

Jakarta – Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung dilanda 61 kali gempa sepanjang Jumat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135