Home > Ragam Berita > Nasional > Pengacara: Abu Bakar Baasyir Berhak Mendapatkan Pembebasan Bersyarat

Pengacara: Abu Bakar Baasyir Berhak Mendapatkan Pembebasan Bersyarat

Jakarta – Mahendradatta, kuasa hukum narapidana terorisme Abu Bakar Baasyir , menilai kalau kliennya tak harus meneken janji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) dan Pancasila. Pasalnya syarat tersebut tertuang dalam aturan yang baru disahkan setelah Abu Bakar Baasyir divonis 15 tahun penjara.

Pengacara: Abu Bakar Baasyir Berhak Mendapatkan Pembebasan Bersyarat

Abu Bakar Baasyir

Aturan yang dimaksud Mahendradatta adalah Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Peraturan itu diterbitkan November 2012.

Sedangkan Abu Bakar Baasyir secara inkrah ditetapkan bersalah, dalam kasus pendanaan latihan teroris di Aceh dan mendukung terorisme di Indonesia pada 16 Juni 2012.

“Karena undang-undang dasar kita kan sudah jelas-jelas menerapkan suatu ketentuan menerapkan non retroaktif,” kata Mahendradatta pada Kamis (24/1/2019).

Kemudian Mahendra juga mengungkapkan bahwa Abu Bakar Baasyir berhak mendapatkan pembebasan bersyarat sesuai dengan aturan yang tercantum dalam Pasal 14 huruf K Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan. Syaratnya itu ialah Abu Bakar Baasyir telah menjalani 2/3 waktu dari masa hukumannya.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Gelombang Tinggi di Kupang

Karena itu, Mahendratta menilai kalau pembebasan Abu Bakar Baasyir tidak perlu dipermasalahkan dengan syarat lain, yakni meneken syarat ikrar setia kepada NKRI dan Pancasila.

“Setelah itu tidak ada syarat lain. Itu kan artinya undang-undang tidak memerintahkan begitu menyatakan ikrar setia kepada NKRI secara tertulis,” pungkasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Jurnalis Perempuan Alami Persekusi Saat Liput Situasi Bentrok di Jatibaru

Jurnalis Perempuan Alami Persekusi Saat Liput Situasi Bentrok di Jatibaru

Jakarta – Saat melaporkan kondisi terkini di dekat flyover Jatibaru siang tadi, seorang wartawan dari ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135