Home > Ragam Berita > Nasional > Bantul Masih Berstatus Siaga Darurat Bencana hingga Pekan Depan

Bantul Masih Berstatus Siaga Darurat Bencana hingga Pekan Depan

Bantul – Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bertatus siaga darurat hingga seminggu ke depan. Banjir menerjang wilayah ini akibat hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah DIY sekitar 24 jam pada Minggu (17/3/2019).

Bantul Masih Berstatus Siaga Darurat Bencana hingga Pekan Depan

“Kalau butuh bantuan keuangan melalui BTT (Dana Belanja Tidak Terduga), bisa menggunakannya,” kata Kepala BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, pada Senin (18/3/2019).

Banjir setidaknya merendam 26 desa di 10 kecamatan di Bantul. Tak hanya banjir, hujan juga menyebabkan longsor di sejumlah lokasi. BPBD Bantul mencatat sembilan titik longsor di tujuh kecamatan.

Sebanyak 4.427 warga yang sempat mengungsi. Warga yang mengungsi berada di Desa Sriharjo, Wukirsari, dan Karangtengah.

“Tadi pagi warga yang ngungsi sebagian sudah pulang. Mereka bersama relawan membersihkan sisa-sisa bekas banjir di rumah dan lingkungannya,” ujarnya.

Kecamatan terdampak banjir yakni Banguntapan, Imogiri, Piyungan, Pleret, Pundong, Kretek, Sanden, dan Srandakan. Disamoing itu, Kecamatan Dlingo, Imogiri, Pajangan, Piyungan, Pleret, Pundong, dan Kretek, menjadi lokasi yang terjadi longsor.

“Saat hujan dengan intensitas tinggi atau durasi lama, warga di daerah rawan longsor atau rawan bencana lain bisa mencari titik aman. Langkah ini diharapkan mengurangi risiko jatuhnya korban,” kata dia.

Bencana alam di Bantul setidaknya menyebabkan dua orang meninggal dunia. Dua warga dilaporkkan masih hilang dan dalam pencarian.

Baca juga: KPK Duga Romi Bisa Atur Rotasi Jabatan Di Kementerian

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana mengatakan pengungsi akibat bencana banjir dan longsor total ada sebanyak 5.076 jiwa. Kondisi itu paling banyak terjadi di Bantul dan Kulon Progo.

“Masih ada sebagian yang mengungsi. Kami juga sudah kirim barang bantuan,” ujarnya. (Tita Yananuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Mahfud MD Anggap Wajar Deklarasi Sebagai Presiden Berdasar Hitungan Internal

Mahfud MD Anggap Wajar Deklarasi Sebagai Presiden Berdasar Hitungan Internal

Jakarta – Mahfud MD menuturkan bahwa deklarasi yang diungkapkan Prabowo sebagai Presiden baru dinilai sebagai ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135