Jakarta – Saat Massa pendukung Jokowi yang sebelumnya memadati area Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, telah meninggalkan lokasi yang digunakan untuk Konser Putih Bersatu, mereka juga tak lupa untuk memunguti sampah yang berserakan.

Begini Aksi Relawan Jokowi Bersihkan Sampah di GBK Usai kampanye Akbar

Sebagaimana yang dipantau di lokasi, pada Sabtu (13/4/2019) kemarin, massa yang menyebut diri Semut Putih tersebut, membawa kantong plastik berukuran besar berwarna hitam. Kantong plastik tersebut, mereka gunakan untuk mengumpulkan sampah yang berceceran di lokasi.

Mereka terlihat mengelilingi lapangan Stadion GBK untuk memunguti sampah. Di sisi lain, area tribun Stadion GBK juga dibersihkan. Sampah lantas dikumpulkan menjadi satu di dekat pintu keluar untuk diangkut dengan truk sampah.

Disamping itu, area luar Stadion GBK dilakukan bersih-bersih masa pro-Jokowi-Ma’ruf Amin. Mereka mengambil sampah yang berada di pinggir dan di tengah jalan.

Sebelumnya, dalam Konser Putih Bersatu, hiburan dari artis dan musisi mewarnai perhelatan itu. Jokowi sebagai capres petahana kemudian berorasi mengajak masyarakat tidak ragu datang ke TPS pada 17 April 2019.

Jokowi juga berbicara tentang Pancasila sebagai ideologi final. Kemudian Jokowi menyinggung pula tentang pemimpin negara yang harus memiliki pengalaman dan rekam jejak yang jelas.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)