Jakarta – Kecemasan dan khawatir yang berlebihan dapat muncul dari mana saja: keluarga, kantor, lingkungan sekitar, dan sebagainya. Sebagai pekerja, rasa khawatir juga dapat muncul karena banyaknya tekanan.

Tanda-Tanda Seorang Karyawan Mengalami Tekanan Pekerjaan

Tekanan Pekerjaan

Berikut ulasan beberapa yang muncul ketika Anda mulai merasa tidak nyaman dengan lingkungan kantor serta dihinggapi rasa khawatir terkait rutinitas tersebut:

1. Masalah ingatan
Anda kesulitan mengingat nama beberapa saat setelah diperkenalkan. Selain itu, Anda juga kesulitan tetap fokus dan lupa dengan apa yang baru saja dikatakan orang lain.

2. Tegang
Rasa tersebut muncul ketika Anda harus berhadapan dengan atasan atau sedang presentasi saat rapat sehingga Anda kesulitan berbicara. Perasaan tegang juga bisa muncul ketika Anda ditunjuk menjadi pemimpin.

3. Sopan berlebihan
Anda tetap tersenyum meskipun suasana hati sedang tidak baik. Menurut Dr. David Burns, tipikal orang yang terlalu sopan cenderung mengalami kegelisahan. Mungkin Anda mencoba menyenangkan hati orang di sekitar sementara tak menyadari bahwa perilaku tersebut menyedot energi Anda sendiri dan membuat Anda tak bahagia.

4. Marah
Tempramen yang cepat berubah dan respon tajam adalah salah satu pertanda cemas atau takut. Bila Anda merasakan demikian, cobalah tanyakan diri sendiri hal apa yang membuat Anda demikian.

5. Ingin keluar
Anda ingin keluar dari segalanya: kantor, situasi yang dihadapi, dan pekerjaan; dengan sibuk di media sosial atau hal lain di luar lingkungan. Anda juga ingin segera sampai rumah dan bersantai di depan TV karena otak kelelahan.

6. Insomnia
Khawatir membuat lelah. Mungkin Anda merasa berenergi pada awalnya, namun lama-kelamaan Anda akan merasa kelelahan secara fisik, emosional, dan mental. Namun, ketika berbaring di kasur, Anda terganggu dengan berbagai macam pikiran dan kesulitan tidur. (Tita Yanuantari – harianindo.com)