Jakarta – Kehadiran seorang bayi dalam keluarga tentu bisa menambah kebahagian bagi setiap pasangan. Sehingga, momen ketika memandikan bayi merupakan momen menggemaskan bagi ayah dan ibu.

Mengapa Memandikan Bayi Boleh Terlalu Lama ? Simak Penjelasannya

Namun, banyak orang tua yang khawatir ketika memandikan bayi, terutama bayi baru lahir. Bukan hanya karena tubuh yang masih sangat rentan, namun juga takut salah ketika dalam proses pemandian.

“Jumlah waktu mandi untuk bayi terserah Anda, tetapi mandi setiap hari untuk bayi yang baru lahir bukanlah kewajiban,” jelas Karen Benzies, seorang pakar orangtua dan profesor jurusan nursing di University of Cagalry.

Bayi yang baru lahir, menurut Benzies, kadar lemaknya masih rendah sehingga bayi mudah merasa dingin. Jadi,disarankan untuk jangan terlalu lama memandikan bayi.

Teknik memandikan bayi yang disarankan oleh Benzies sangatlah praktis. Cukup dengan mengelap tubuh bayi seperti wajah, tangan dan bokong menggunakan handuk hangat. Jadi tidak perlu dimandikan setiap hari.

Baca juga: Tips Saat Bayi Rewel di Cuaca Panas

Pastikan untuk memandikan bayi dengan air hangat. Selain itu, jangan lupa taruh mainan mandi untuk bayi supaya mengalihkan perhatiannya sehingga tidak menangis saat dimandikan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)