Brasil – Demi menambah kesempatan lolos ke perempat final, Argentina dan Qatar harus bertanding pada laga terakhir mereka di Grup B Copa America 2019. Pertemuan tersebut akan dihelat di Arena do Gremio pada Senin esok (25/06/2019).

Catatan terakhir menyebutkan bahwa Argentina baru pernah sekali menghadapi Qatar pada tahun 2005 silam. Dalam laga tersebut, Argentina berhasil unggul 3-0 berkat gol-gol yang dicetak Juan Roman Riquelme, Julio Cruz dan Roberto Ayala.

Meskipun demikian, bukan berarti kini Argentina masih unggul terhadap juara Piala Asia 2019 itu. Secara statistik, masing-masing tim memiliki rekor dua kali menang, dua kali kalah, dan satu kali seri pada lima pertandingan terakhir.

Dalam fase grup Copa America 2019, Argentina harus mengakui kekalahan 0-2 melawan Kolombia. Selain itu, mereka juga ditahan imbang 1-1 oleh Paraguay.

Baca Juga: Prediksi Copa America: Kolombia vs Paraguay, 24 Juni 2019

Sementara itu, laju Qatar harus tertahan oleh Paraguay yang mampu mengimbangi dengan skor 2-2. Selain mengalahkan Argentina, Kolombia pun juga mengalahkan Qatar dengan skor 1-0.

Nasib mereka di Grup B sama-sama harus puas mengantongi satu poin. Sementara Kolombia digdaya dengan enam poin dan Paraguay dua poin. Agar bisa otomatis lolos ke perempat final, Argentina mau tak mau harus unggul dalam menghadapi Qatar di Porto Alegre sembari berharap agar Paraguay kalah menghadapi Kolombia di Salvador nanti.

Apabila Argentina dan Paraguay sama-sama menang, maka Argentina mendapat peringkat tiga. Untuk lolos, nasib Argentina ditentukan oleh hasil-hasil laga di dua grup lain.

Meskipun Qatar bisa saja menggugurkan impian Argentina jika berhasil menahan imbang Argentina. Namun Argentina bisa saja selamat apabila Kolombia berhasil menekuk Paraguay dengan dua gol atau lebih dan Jepang mampu mengimbangi Ekuador di Grup C.

Jika Qatar muncul sebagai pemenang laga, maka Argentina harus ikhlas memendam asa menembus perempat final. Namun di sisi lain, Argentina juga masih punya kans mengulang kesuksesan 2005 dengan keunggulan tiga gol. Mengingat baik Argentina maupun Qatar di Copa America 2019 memiliki rekor yang sama. (Elhas-harianindo.com)