Jakarta – Setelah sebelumnya Pemprov DKI Jakarta berencana akan meresmikan 12 rumah susun pada Agustus mendatang, kini terdengar kabar bahwa dalam waktu dekat pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) Klapa Village atau Rumah DP 0 rupiah di Pondok Kelapa, Jakarta Timur akan rampung.

“Sekarang sih sejak pertengahan Juni lalu itu realisasi 87-88 persen. Itu update terakhir di tanggal 15 Juni 2019,” kata Direktur Administrasi dan Keuangan PD Pembangunan Sarana Jaya Bima Priyo Santosa pada Senin (24/06/2019).

Setelah merampungkan pembangunan fisik luar Klapa Village, Bima mengatakan bahwa pihaknya kini mengerjakan bagian dalam rusunami sebanyak 780 unit. 

Baca Juga: Pemprov DKI Bakal Resmikan 12 Rusun, Tapi Bukan Rumah DP 0

“Luar sudah rapi semua. Sekarang kerjaan lebih banyak di dalamnya, listrik, kabel, mechanical, perpipaan. Jadi mungkin enggak kelihatan dari luar, lebih banyak di dalam. Itu yang lagi dikejar sekarang. Target kami awal Agustus lah selesai pembangunan fisik semuanya,” ujar Bima. 

Terdapat tiga tipe unit hunian di Klapa Vilage, yaitu tipe studio 21, tipe 24 satu kamar, dan tipe 36 dua kamar.

Tak hanya di Klapa Village, PD Pembangunan Sarana Jaya berikutnya akan membangun dua rusunami DP 0 rupiah di Cilangkap dan Pulogebang, Jakarta Timur. Kini, rusunami di Cilangkap menjadi prioritas pertama untuk dikerjakan.

“Kalau enggak salah, nanti September atau paling lama Oktober kita sudah harus groundbreaking Rumah DP 0 di Cilangkap. Karena itu kan berkaitan dengan perizinan juga jadi harus kita proses terus. Yang jelas kalau dari sisi target sih, maunya kita tahun ini sudah harus groundbreaking,” ujar Bima. (Elhas-harianindo.com)